Manado (ANTARA News) - Menteri Perdagangan (Mendag), Mari Elka Pangestu, pada Jumat (13/5) diagendakan menyosialisasikan berbagai materi yang akan dibahas pada pertemuan menteri ekonomi Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Economic Minister/AEM) ke-43 kepada pemerintah kabupaten/kota dan akademisi di Provinsi Sulawesi Utara.

"Sosialisasi pelaksanaan AEM ini sebagai langkah awal menuju kesuksesan kegiatan yang sangat penting guna mendorong perkembangan perekonomian Indonesia dalam hubungan dengan negara-negara ASEAN," kata Sekretaris Panitia Daerah Pertemuan AEM, Hanny Wajong, di Manado, Senin.

Hanny, yang juga Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, mengatakan bahwa panitia sudah bertemu dengan pihak Kementerian Perdagangan dan hampir dipastikan Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu, akan memimpin langsung pelaksanaan sosialisasi di Manado.

"AEM merupakan kali pertama akan diadakan di Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 9-13 Agustus 2011, karena itu perlu sosialisasi lebih luas kepada masyarakat baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota hingga akademisi dan masyarakat luas, sehingga mengetahui persis manfaat positif dari kegiatan ini bagi masyarakat," kata Hanny.

Ada banyak hal yang akan menjadi topik pembicaraan antar menteri saat berlangsungnya AEM, dan ini, kata Hanny, harus dibuka ke publik, sehingga masyarakat luas dapat lebih mengetahui manfaat positif yang terkandung pada pertemuan internasional ini.

Dalam kesempatan sosialisasi ini, kata Hanny, masyarakat diberi kesempatan menyampaikan berbagai masukan penting untuk kemungkinan menjadi salah satu topik yang akan jadi pokok pembicaraan nanti.

"Pemerintah kabupaten/kota yang diundang dalam acara ini bisa menyampaikan masukan atau input sehingga pelaksanaan kegiatan skala internasional ini dapat menghasilkan keputusan yang memberi manfaat pengembangan ekonomi Sulut dan Indonesia pada umumnya," kata Hanny.

Kegiatan skala internasional tersebut, kata Hanny, memerlukan dukungan seluruh masyarakat di provinsi ini, sebab pertemuan ini akan membahas berbagai kebijakan bidang ekonomi baik kaitan dengan negara di kawasan ASEAN sendiri maupun dunia internasional.

Pertemuan tingkat menteri ekonomi di ASEAN direncanakan digelar di Kota Manado pada tanggal 9 hingga 13 Agustus mendatang, juga akan hadir peninjau dari beberapa negara lainnya.
(T.G004/R010)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011