Kami tertarik untuk bekerjasama dengan ASEAN"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Turki menyatakan ketertarikan menjadi mitra kerja sama organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) karena memandang organisasi tersebut beranggotakan negara dengan potensi ekonomi dan peluang investasi yang baik.

"Kami tertarik untuk bekerjasama dengan ASEAN yang memiliki populasi penduduk cukup besar demikian juga dengan pembangunan ekonomi dan politik yang baik," kata Presiden Turki Abdullah Gul dalam keterangan pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Gul menjelaskan, dari tiga kali kunjungannya ke Indonesia pada dasawarsa 80an, dasawarsa 90an dan saat ini, ia melihat Indonesia dan ASEAN berkembang sangat pesat.

Sementara itu Yudhoyono mengatakan, posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2011, memungkinkan dukungan Turki menjadi mitra dialog dan kerjasama dengan ASEAN khususnya di bidang ekonomi menyusul sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jepang dan China yang telah bekerjasama dengan ASEAN.

"Indonesia dan Turki telah memiliki kesamaan dalam organisasi G20, D-8. Chairmanship Indonesia di ASEAN tahun ini maka Indonesia memberikan dukungan pada Turki untuk menjadi partner ASEAN," tegas Yudhoyono.

Kunjungan Presiden Turki ke Indonesia pada 4 - 6 April ini adalah kunjungan balasan dari kunjungan Presiden Yudhoyono ke Turki Juni 2010.(*)

P0088D013/S019

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011