Jakarta (ANTARA News/Daily Mail) - Sebuah makan manusia homoseksual yang berusia lima ribu tahun telah ditemukan, hal itu terlihat dari cara penguburan yang berbeda dari jasad lainnya.

Menurut para arkeolog, dari cara penguburannya itu menunjukkan bahwa ia memiliki orientasi seksual yang berbeda.

Sebuah kerangka manusia purba yang berasal dari akhir jaman batu sekitar 2900 dan 2500 SM ditemukan selama penggalian di Republik Ceko.

Pada masa itu, biasanya laki-laki dikubur dengan tubuh terbaring menghadap sisi kanan dan kepala mengarah arah barat, sedangkan perempuan menghadap sisi kiri dengan kepala mengarah timur.

Dalam kasus ini, jasad lelaki purba yang diduga guy itu dikubur menghadap sisi kiri dengan kepala menghadap barat.

Petunjuk lainnya, laki-laki cenderung dimakamkan dengan senjata, palu dan pisau batu, serta beberapa peralatan makan dan minum untuk menemani mereka di alam baka.

Sementara jasad perempuan akan dimakamkan dengan kalung dari gigi, anting-anting tembaga, serta teko dan panci berbentuk telur diletakkan di dekat kakinya.

Sedangkan jasad manusia purba homoseksual dikubur dengan teko rumah tangga, dan tidak ada senjata.

Arkeologis tidak akan berpikir itu sebagai sebuah kesalahan karena mengingat pentingnya sebuah aksesoris pada pemakaman di masa tersebut. Periode itu dikenal sebagai era Corded Ware, zaman pembuat gerabah.

"Menurut sejarah dan etnologi, orang dalam periode ini melakukan pemakaman sangat serius sehingga besar kemungkinan posisi jasad itu salah," kata kepala peneliti Kamila Remisova Vesinova dikutip Daily Mail.

Besar kemungkinan itu seorang laki-laki yang memiliki perbedaan orientasi seksual, homoseksual atau bencong. Apa yang kita lihat sekrang tidak sesuai dengan tradisi budaya norma Corded Ware.

Oval, wadah berbentuk telur, biasanya berhubungan dengan penguburan perempuan juga ditemukan di kaki kerangka pria itu.

Anggota lain dari tim arkeologi, Katerina Semradova, mengatakan bahwa tim telah menemukan kasus yang sebelumnya berasal dari periode Mesolithic, dimana seorang prajurit perempuan dimakamkan sebagai seorang pria.

Dia menambahkan, dukun Siberia, atau "dokter" jaman itu juga dikuburkan dengan cara sama tetapi dengan aksesoris pemakaman yang lebih banyak sesuai posisinya dalam masyarakat.

"Temuan terakhir ini bukanlah mereka. Kami percaya ini adalah salah satu kasus awal yang digambarkan sebagai seorang banci atau kuburan 'gender-ketiga' di Republik Ceko."

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011