Buenos Aires (ANTARA News) - Para penumpang satu bus di Argentina mendapat sambutan tak menyenangkan ketika polisi menemukan lebih dari 600 ular dan hewan reptil lain yang disimpan di bagasi, kata seorang polisi penjaga hutan Sabtu (9/4).

Polisi, yang bertindak setelah mendapat pemberitahuan, mencegat bus tersebut di satu provinsi utara menuju Buenos Aires, meminta penumpang memperlihatkan tanda pengenal, lalu mulai memerksa tas mereka.

"Seorang penumpang di dalam bus membawa 40 ular, ditambah hewan yang ia simpan di beberapa kotak" di bagasi bus, kata polisi penjaga hutan Daniel Chersich, dari provinsi Santa Fe.

Polisi "terkejut saat membuka beberapa tas", kata Chersich, yang sedang menyelidiki jaringan penyelundup margasatwa dan bergabung dalam operasi itu, kepada surat kabar Clarin.

AFP malaporkan bahwa penyelundup telah memasukkan 444 ular boa, viper dan dan ular jenis lain; 186 kura-kura yang terancam punah; 40 kadal, dan armadillo (binatang pemakan serangga).

Penyelundup tersebut, yang kemudian ditangkap, naik bus di Santiago del Estero, tempat ia telah menghabiskan waktu tiga bulan untuk menangkap bermacam spesies di belukar dengan tujuan menjual hewan tangkapannya, kata Chersich.

(SYS/C003/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011