Salmon, Idaho (ANTARA News) - Seorang pensiunan pekerja kereta api berusia 114 tahun yang terkenal sebagai pria tertua di dunia, meninggal dunia pada Kamis di komunitas pertanian Great Falls, Montana.

Walter Breuning, yang hidup dengan perawat rumah sejak tahun 1980, dinobatkan sebagai pria tertua di dunia pada 18 Juli 2009 oleh Buku Rekor Dunia Guinness, demikian Reuters melaporkan.

"Saya sangat sedih atas meninggalnya sahabat dekat dan warga Montana yang baik, Walter Breuning," kata Gubernur Brian Schweitzer dalam sebuah pernyataan.

"Dia merupakan orang yang bijak, melampaui usianya," katanya.

Breuning dilahirkan pada 21 September 1896 di Melrose, Minnesota, dan menghabiskan hampir seluruh masa mudanya di Dakota Selatan sebelum mendapat pekerjaan di perusahaan Great Northern Railway pada 1913, menurut rumah pensiun Rainbow Senior Living di Great Falls.

Ia pindah ke Montana pada 1918 untuk menjadi juru tulis bagi perusahaan kereta api itu dan menikahi Agnes Twokey, seorang operator telegram, empat tahun kemudian.

Ia pensiun dari dunia perkeretaapian pada usia 66 tahun. Ia mengatakan umur panjangnya berkat pembatasan pola makan harian dengan hanya sarapan dan makan siang, serta mengonsumsi aspirin setiap hari.

Beberapa tahun terakhir, Breuning sempat muncul di acara "News Hour with Jim Lehrer" pada 2009 dan berpartisipasi dalam kolom tanya jawab di majalah Men`s Journal.

"Ia merupakan salah satu pria yang terbaik dan salah satu yang paling ramah," kata juru bicara Rainbow, Stacia Kirby.

Kirby mengatakan semangat hidup Breunign sangat kuat hingga akhir hayatnya dan ia sempat mengatakan kepada perawatnya bahwa ia tidak takut terhadap kematian.

"Walter mengajarkan saya bahwa sikap tidak berlebihan terhadap segala sesuatu akan memberikan umur panjang, serta kerja keras dan kesederhanaan sudah cukup untuk hidup bahagia, dan yang terpenting adalah memberi kepada orang lain merupakan hal yang baik bagi jiwa kita," kata Schweitzer. (PPT/AK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011