Denpasar (ANTARA News) - Situs jual-beli Tokobagus.com (www.tokobagus.com) sukses meraup jumlah pemasang iklan untuk kanal otomotif, yakni dalam setahun melonjak sampai 800 persen, sehingga menyongsong pertengahan 2011 ini menjadi yang terbesar di Indonesia.

Direktur Marketing Tokobagus.com Remco Lupker dalam penjelasan yang diterima ANTARA News di Denpasar, Sabtu, menyebutkan bahwa di situsnya kini terdapat lebih dari 40.000 iklan mobil dan tidak kurang dari 30.000 iklan sepeda motor.

Selain itu, ia mengemukakan, terdata lebih dari 10.000 iklan kategori aksesoris kendaraan, sekitar seribu iklan onderdil atau suku cadang mobil, selain beragam jenis iklan lainnya.

"Setiap harinya tercatat ribuan update iklan baru yang masuk ke kanal otomotif," tutur Remco.

Banyaknya jumlah pemasang iklan tersebut, katanya, membuktikan bahwa para pelaku bisnis kendaraan bermotor di Indonesia semakin antusias untuk memasarkan mobil, sepeda motor ataupun perangkat pendukungnya melalui dunia maya.

"Itu membuktikan bahwa mereka sudah bisa merasakan keuntungannya. Terlebih jika dibandingkan cara beriklan secara konvensional seperti di media cetak. Melalui Internet jauh lebih murah dan efektif," kata Remco.

Menurut dia, lonjakan prosentase iklan di kanal otomotif  di Tokobagus.com itu terlihat dari data pertengahan 2010 yang baru 5.037 pemasang, sedangkan pertengahan April ini sudah lebih dari 38.000 iklan aktif.

"Untuk iklan mobil saja dalam setahun terakhir berarti terjadi lonjakan 800 persen. Hal itu juga diikuti listing iklan sepeda motor yang mencapai 600 persen. Beragam iklan aksesoris otomotif juga naik sangat tinggi," ucapnya.

Remco yang baru sekitar enam bulan memindahkan kantor pusat perusahaannya dari Bali ke Jakarta, merasa bangga karena saat ini Tokobagus.com menjadi yang terbaik dalam jumlah iklan jual-beli otomotif.

Dijelaskan bahwa jumlah pemasang iklan tersebut dapat dilihat langsung melalui data online, termasuk jika hendak dibandingkan dengan yang dicapai oleh website sejenis lainnya.

Untuk semakin mengokohkan pencapaian jumlah pemasang dan pencari iklan otomotif, Remco menyatakan akan terus gencar melaksanakan kegiatan promosi secara langsung atau "offline".

Ia mencontohkan, hal itu dilakukan pula melalui kegiatan "Pasar Besar Mobil & Motor Seken 2011" yang digagas oleh sebuah media di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 14-17 April 2011.

Pada kegiatan itu, Tokobagus.com menyiapkan sejumlah fasilitas promosi untuk pengunjung, termasuk barang dagangan, sarana berinternet, kemudahan menjadi anggota dan tawaran hadiah menarik.

Sementara Arnold Sebastian, Direktur Tokobagus.com, berharap dukungan pada kegiatan tersebut bisa memberikan kontribusi yang besar, terutama untuk kanal otomotif yang telah menjadi yang terbesar.

Keikutsertaan Tokobagus.com dalam pameran pasar mobil-motor bekas itu, katanya, hanya merupakan salah satu dari berbagai kegiatan promosi offline guna lebih mendekatkan masyarakat, khususnya pelanggan.

"Melalui kegiatan ini dan berbagai kegiatan lainnya yang sifatnya offline, kami ingin mengajak masyarakat untuk bisa memenuhi aneka kebutuhan otomotif dan lainnya secara online," tutur Arnold.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011