Shanghai (ANTARA News/AFP) - Pebalap Inggris Lewis Hamilton memenangi kejuaraan balap mobil Formula Satu seri GP China dengan mengalahkan juara dunia dari Jerman Sebastian Vettel yang menempati posisi kedua pada Minggu dalam satu perlombaan yang seru dan menegangkan di Sirkuit Shanghai, China.

Hamilton bersama mobil McLaren-nya terus memburu pimpinan lomba Vettel sewaktu balapan memasuki paruh terakhirnya dan sebelum lima putaran menjelang finish dia berhasil menyalip pembalap yang saat ini memimpin klasemen sementara itu tanpa dapat terkejar lagi.

Keberhasilan Hamilton itu berarti mengakhiri catatan keberhasilan demi keberhasilan Vettel semenjak dimulainya musim balapan 2011 ini.

Pebalap McLaren berusia 26 tahun itu, yang juga adalah juara dunia Formula Satu tahun 2008, berhasil memainkan taktiknya yang telah dirancang semenjak sesi kualifikasi dimana dia memutuskan untuk sedapat mungkin mengurangi tergerusnya ban karena terlalu dipaksakan dalam sesi kualifikasi sehingga pada saat itu dia harus puas berada di posisi ketiga dalam penentuan posisi start.

Namun meski start dari posisi ketiga dia kemudian bisa naik ke posisi kedua bersama-sama rekan setimnya Jenson Button yang juga naik ke posisi satu pada awal-awal balapan itu, dan dengan memainkan strategi 3 pitstop mereka berhasil menguasai jalannya balapan meskipun Button kemudian Button harus puas berada di tempat keempat setelah berhasil disusul Mark Webber.

"Sungguh balapan yang luar biasa, terima kasih banyak," teriak Hamilton dengan gembira kepada anggota timnya melalui radio setelah dia berhasil melewati garis finish dan melakukan putaran perayaan kemenangan.

Kemenangan di Shanghai itu merupakan yang ke-15 kalinya bagi Hamilton sepanjang karirnya di Formula Satu.

Kegembiraan juga dirasakan oleh pembalap Australia Mark Webber yang start di posisi ke-18 dan berhasil finish di posisi ketiga dibelakang rekan setimnya di Red Bull Vettel setelah dengan spektakuler dia melibas lawan-lawannya di akhir-akhir balapan.

Webber menyingkirkan rekan setim dan senegara Hamilton di tim McLaren Jenson Button, yang harus puas berada di tempat keempat meskipun selepas start dia sempat memimpin balapan setelah mengungguli Vettel di tikungan pertama.

Pembalap Jerman Nico Rosberg, salah satu dari beberapa pembalap yang berpotensi menjadi juara di seri balapan ini karena sempat beberapa kali memimpin jalannya lomba, berhasil membawa mobil balap Mercedesnya finish di posisi kelima didepan duo pembalap Ferrari Felipe Massa dari Brazil dan Fernando Alonso dari Spanyol yang juga adalah juara dunia dua kali Formula Satu.

Sementara itu juara dunia tujuh kali kejuaraan balap mobil paling bergengsi ini Michael Schumacher (42) dari Jerman finish di tempat kedelapan dengan mobil Mercedesnya, mengungguli pembalap Rusia Vitaly Petrov di atas Renault dan pembalap Jepang Kamui Kobayashi di atas Sauber yang masing-masing finish di tempat kesembilan dan kesepuluh.(*)

(H-OKS/A016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011