Karawang (ANTARA News) - Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menemukan sejumlah organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat di daerah tersebut  menyantumkan alamat sekretariat fiktif.

"Ada sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang setelah dicek, alamatnya bukan sebagai sekretariat Ormas atau LSM terkait," kata Kepala Seksi Hubungan Antarlembaga dan Integrasi Bangsa Kesbangpolinmas Karawang, Nurcahya, di Karawang, Selasa.

Dikatakannya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, masing-masing Ormas dan LSM segera melapor ke Kesbangpolinmas setempat jika alamat sekretariatnya pindah. Sebab, alamat sekretariat Ormas dan LSM itu diperlukan, agar pihaknya mudah dalam berkoordinasi.

Laporan perpindahan alamat sekretariat Ormas dan LSM itu juga diperlukan untuk mendukung tertib administrasi di Kesbangpolinmas. Sebab, pihaknya bertugas mendata Ormas dan LSM di Karawang beserta alamat sekretariatnya masing-masing.

Atas hal tersebut, ia mengimbau agar para pengurus Ormas dan LSM di Karawang segera melapor ke Kesbangpolinmas jika alamat sekretariatnya pindah.

Sementara itu, sesuai dengan data Kesbangpolinmas setempat, keberadaan Ormas dan LSM di Karawang berkembang pesat sejak beberapa tahun terakhir.

Pada 2009 terdapat 338 Ormas dan LSM di Karawang. Kemudian bertambah menjadi 380 Ormas dan LSM pada 2010, dan selama Januari sampai pekan pertama April 2011 mencapai 32 Ormas dan LSM yang tercatat di Kesbangpolinmas Karawang.

(KR-MAK/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011