Awalnya buruh yang berada di bagian penyetrikaan yang kesurupan, diikuti para buruh lainnya
Subang (ANTARA News) - Ratusan buruh PT Hyung Dong di Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat, kesurupan saat tengah menjalankan aktivitasnya di pabrik garmen tersebut, Rabu.

"Peristiwa kesurupan massal itu terjadi saat kami sedang bekerja. Awalnya buruh yang berada di bagian penyetrikaan yang kesurupan, diikuti para buruh lainnya dari bagian yang berbeda," kata Ika, salah seorang saksi mata yang juga buruh pabrik, di Subang.

Dikatakannya, peristiwa kesurupan di dalam pabrik itu sempat membuat panik karyawan, karena para buruh melakukan sikap dan tindakan diluar kebiasaan saat kesurupan, seperti berteriak histeris dan ada pula yang mengamuk.

Selain itu, kata dia, ada pula buruh yang mengamuk dan meronta-ronta saat kesurupan di dalam pabrik.

Atas kejadian itu, pihak perusahaan langsung meliburkan seluruh karyawannya, karena dikhawatirkan peristiwa kesurupan tersebut menimpa seluruh karyawan yang jumlahnya lebih dari 1.000 orang.

Sejumlah paranormal bersama warga dan petugas dari Polsek Cipendeuy serta Polres Subang pun langsung mengevakuasi ratusan karyawan yang kesurupan ke luar pabrik.

Salah seorang petugas keamanan perusahaan, Narto, mengatakan, untuk mengantisipasi kesurupan menyerang seluruh karyawan, manajemen perusahaan mengevakuasi korban kesurupan dan meliburkan karyawan sampai situasi perusahaan membaik.

"Para karyawan langsung diliburkan, karena kejadian kesurupan itu mengganggu produksi perusahaan," katanya.
(KR-MAK/S022)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011