Padang (ANTARA News) - Pihak kepolisian meningkatkan pengamanan terhadap 14 gereja yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat, untuk mengantisipasi kejadian tidak dinginkan seperti teror bom yang kembali marak belakangan ini.

"Menyambut peragaan Isa Almasih, aparat kepolisian Polresta Padang serta jajaranya telah mempersiapkan personel pengamanan untuk menjaga setiap Gereja yang ada di Kota Padang," kata Wakapolresta Padang AKBP Wisnu Handoko di Padang, Kamis.

Ia menambahkan, sistem pengamanan yang dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan tersebut, dengan menggunakan sitem pengamanan terbuka dan tertutup.

Jumlah personil yang disiagakan untuk pengamanan Isa Almasih tersebut di 14 gereja yang ada, sebanyak 140 personil yang dibagi ke dalam dua tim, yaitu dalam tim pengaman terbuka dan tim pengamanan tertutup di sekitar gereja.

Sitem pengaman terbuka dilakukan dengan menerjunkan unit satuan lalulintas yang berpatroli di sepuratan Kota Padang, sedangkan sistem pengamanan tertupup dengan menyiagakan aparat kepolisian bersenjata lengkap dan juga alat deteksi di sekitar gereja.

Dalam pengamanan aparat kepolisian memfokuskan pada saat pelaksanaan paskah yang akan dilakukan pada esok pagi  (Jum`at, 22/4), dan pada pagi Jum`at tersebut pengamanan di gereja akan diperketat dengan menempatkan lima hingga 10 personil di setiap gereja.

"Pengawasan dan pengamanan kita fokuskan di gereja yang akan dan sedang melaksanakan ibadah paskah, agar kegiatan keagamaan umat tidak terganggu," tegas Wisnu.

Wisnu menambahkan, untuk titik gereja yang dianggap rawan hingga saat ini tidak ada, namun perketatan pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi setiap saat.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011