Mogadishu (ANTARA News/Reuters) - Para perompak Somalia membebaskan satu kapal milik Yunani yang mereka bajak Januari, kata para perompak dan seorang pejabat maritim.

Para perompak mengatakan mereka membebaskan kspal niaga MV Eagle yang berbobot mati 52.163 ton dan 24 awak Filipinanya yang dibajak pada Januari, sekitar 500 mil barat daya Oman, ketika sedang dalam perjalanannya dari Jordania menuju India.

"Kapal MV Eagle telah dibebaskan. Semua 24 awak Filipinanya selamat dan sehat," kata Andrew Mwangura, redaktur maritim media Somalia Report Sabtu malam.

Para perompak mengatakan mereka menerima enam juta dolar uang tebusan bagi pembebasan kapal itu, tetapi berita ini tidak dapat diverfikasi seacara independen.

"Kami telah menerima enam juta dolar... Kapal itu baru saja mulai meninggalkan daerah kami dengan dikawal satu kapal perang," kata seorang perompak yang menyebut namanya Kalif kepada Reuters Sabtu melalui telepon dari kota pantai El-Dhanane.

Konflik dua dasa warsa di Somalia memungkinkan perompakan berkembang di lepas antai negara yang kacau itu. Para perompak biasanya tidak mencederai para awak yang mereka tahan dengan harapan dapat menerima uang tebusan bagi pembebasan satu kapal.

Geng-geng perompak memperoleh puluhan juta dolar uang tebusan, dan kendatipun berhasil menumpas serangan-serangan di Teluk Aden, angkatan-angkatan laut internasional sedang berjuang untuk mengatasi perompakan di Samudra India yang luas itu.(*)

(Uu.H-RN/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011