Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 14 kota di Indonesia disiapkan sebagai lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sepanjang 2011.

"Kami sudah siapkan 14 kota di berbagai provinsi di Indonesia untuk menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN sepanjang tahun ini," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, 14 kota itu meliputi Jakarta, Bali, Lombok, Batam, Bintan, Manado, Makasar, Solo, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Bukittinggi, Palembang, dan Balikpapan.

Satu lokasi yang juga disiapkan untuk kepentingan pertemuan yang membahas tentang "nuclear plantation" adalah Bangka Belitung.

"Pertemuan-pertemuan ini terkait dengan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini," katanya.

Tahun ini akan ada 300 event yang terkait dengan agenda ASEAN digelar di Tanah Air.

"Acara tersebut beragam meliputi ASEAN Fair di beberapa tempat termasuk Bali, ada gelaran jazz, ASEAN Youth Camp Festival, dan lain-lain," katanya.

Selain itu, akan ada pertemuan tingkat tinggi dari mulai tingkat kepala negara, tingkat menteri, tingkat SOM, hingga pertemuan para pihak swasta di kawasan ASEAN.

Sapta Nirwandar berharap pertemuan itu akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata bidang MICE (Meeting Incentive Conference and Exhibition) di Tanah Air.

Selain itu, pertemuan yang tersebar di 14 kota di Indonesia akan mendorong semakin dikenalnya kota-kota di Indonesia yang selama ini belum terpublikasikan dengan optimal.
(H016)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011