Jika pada Pemilu 1999 dan 2004 PKB pimpinan Gus Dur memperoleh sekitar 12 persen lebih, sedangkan ketika dipimpin oleh Muhaimin pada 2009 hanya mendapat 2,6 persen, berarti ada 9 persen suara yang hilang dan inilah yang akan kami usahakan kembali ke
Jakarta (ANTARA News) - Anak mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid, mendirikan partai sendiri yang diberi nama Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia.

Menurut Yenny kepada pers di Jakarta, Senin, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia akan deklarasi pada Jumat (20/5) pukul 13.00 WIB di Jalan Warung Silah No 10 Ciganjur, Jakagarsa, Jakarta Selatan.

Di struktur kepengurusan partai tersebut, Yenny Wahid menjadi ketua umum dan Imron Rosyadi Hamid (Sekjen), sedangkan KH Ahmad Syahid menjabat Ketua Umum Dewan Syuro.

Menurut Yenny, deklarasi akan dihadiri ribuan warga NU dan simpatisan Gus Dur serta tokoh-tokoh agama, politik, ekonomi, budayawan, pimpinan lembaga tinggi negara dan sebagainya.

Tokoh yang akan mendekalarasikan partai antara lain, Hj Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, KH Hasyim Muzadi, KH Abdul Jalil Sidogiri Pasuruan, Gus Yusuf Khudori Magelang, KH Sanusi Baco Makassar, KH Jamal Lampung, KH Ahmad Badgja, KH Turmudzi Badrudin NTB, dan para kiai NU lainnya serta tokoh nasional.

Sementara tamu undangan yang akan diundang adalah pimpinan MPR RI, DPR RI, DPD RI, MK, MA, KY, pimpinan parpol, kalangan TNI dan Polri, politisi, profesional, intelektual, cendekiawan, pengusaha, ekonom, budayawan, seniman dan lain-lain.

Partai "reinkarnasi" PKB versi Gus Dur ini, sudah mendaftarkan ke Kemenkumhan pada Jumat (29/4) lalu. Yenny wahid optimistis partai ini akan mendapat dukungan besar warga NU dan rakyat Indonesia.

"Jika pada Pemilu 1999 dan 2004 PKB pimpinan Gus Dur memperoleh sekitar 12 persen lebih, sedangkan ketika dipimpin oleh Muhaimin pada 2009 hanya mendapat 2,6 persen, berarti ada 9 persen suara yang hilang dan inilah yang akan kami usahakan kembali ke PKB Indonesia," ujar Yenny Wahid.

Namun demikian, hal itu butuh kerja keras dan perjuangan. " Mengapa? Karena beberapa tahapan harus dilalui, yaitu lolos verifikasi sebagai parpol di Kemenkumhan, lolos sebagai peserta pemilu di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lolos ambang batas perolehan suara parliamentary threshold (PT)) sekitar 3 persen dan lain-lain," paparnya.

"Tapi, kami optimistis Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia ini akan lolos dan menjadi partai besar di Pemilu 2014 nanti," ujar Yenny.
(S023/C004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011