Palembang (ANTARA News) - Cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games di Palembang akan melaksanakan uji coba lapangan pada September 2011.

Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhennie Zainal di Palembang, Rabu, mengatakan, pihaknya menjadwalkan uji coba lapangan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu pada awal September.

Hal ini karena sebagian besar venues pesta olahraga akbar tersebut diperkirakan selesai Juli, dan bila uji coba Agustus pada saat itu bersamaan dengan umat Islam melaksanakan puasa Ramadhan, ujar dia pula.

Sehubungan itu, pelaksanaan uji coba akan dilaksanakan pada September sehingga venues yang saat ini sedang dibangun tersebut akan diketahui sudah memenuhi syarat atau tidak, ujar dia lagi.

Menurut dia, untuk memastikan jadwal pelaksanaan uji coba tersebut, pihaknya akan melaksanakan rapat koordinasi dengan pengurus besar cabang olahraga di Jakarta.

Nantinya akan dibahas cabang yang sudah siap melaksanakan uji coba venues tersebut, kata dia pula.

Dikatakannya, uji coba tersebut dilaksanakan untuk mengetahui secara pasti persyaratan venues tersebut apakah sudah berstandar internasional dan layak untuk SEA Games, atau masih perlu perbaikan.

Selain itu, uji coba tersebut untuk melihat kesiapan panitia lokal dalam melaksanalan pesta olahraga dua tahunan tersebut, ujar dia.

Memang, lanjut dia, ada beberapa cabang olahraga yang akan melaksanakan ujicoba lebih dulu seperti voli dan catur.

Bola Voli direncanakan akan melaksanakan kejuaraan antarklub tingkat Asean sekaligus untuk mengetahui lapangan tersebut sudah memenuhi syarat atau tidak pada Juli 2011, ujar dia lagi.

Sementara catur bisa saja dilaksanakan bersamaan dengan Ramadhan dan tidak terlalu mengganggu, ujar dia lagi.
(U005)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011