Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis sore menerima Presiden Myanmar, Thein Sein, di Istana Merdeka Jakarta.

Penghormatan kenegaraan berlangsung pada pukul 15:30 WIB. Presiden Yudhoyono didampingi oleh para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Kepala Staf tiga angkatan dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara itu, Thein Sein didampingi oleh Menteri Luar Megeri, U Wunna Maung Lwin, Menteri Perencanaan Pembangunan, U Tin Naing Thein, dan Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, U Nyan Lynn.

Kedua pemimpin pemerintahan itu mengadakan pertemuan bilateral membahas sejumlah hal terkait peningkatan kerjasama kedua negara.

Pada Jumat (6/5) Thein Sein akan mengunjungi Taman Makam Kalibata, kemudian pada Sabtu dan Minggu akan menghadiri rangkaian acara KTT ASEAN.

Kunjungan Thein Sein ke Indonesia adalah yang pertama kali sejak dirinya terpilih sebagai Presiden Uni Myanmar dalam pemilihan umum yang digelar Myanmar sejak 20 tahun terakhir pada November 2010.

Kehadiran Thein Sein di Indonesia sekaligus untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta pada 7-8 Mei 2011.

Thein Sein adalah kepala negara ASEAN pertama yang tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT selama dua hari di Balai Sidang Jakarta itu.

Sebelum pertemuan tingkat kepala negara ASEAN, sejak 5 Mei 2011 digelar pertemuan tingkat menteri ASEAN yang membahas tiga pilar di bidang pertahanan keamanan, ekonomi, serta sosial budaya.

Pada 5 Mei 2011 juga telah digelar pertemuan bisnis pertama ASEAN-Uni Eropa yang dibuka oleh Presiden Yudhoyono di Balai Sidang Jakarta.
(T.P008*D013)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011