Jakarta (ANTARA News) - Halaman depan Balai Sidang Jakarta akan disterilkan dari kendaraan yang biasa parkir di area tersebut pada saat berlangsungnya puncak acara KTT ASEAN ke-18, 7-8 Mei 2011.

"Pada puncak acara tanggal 7-8 Mei, seluruh kendaraan tidak ada yang berada di depan halaman. Semua kendaraan akan parkir di tempat yang telah disediakan," kata Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, di Jakarta, Kamis.

Kendaraan yang boleh parkir di halaman Balai Sidang Jakarta, ujarnya, hanya yang digunakan oleh para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN.

Polda Metro Jaya mengerahkan pasukan pengawal sebanyak sembilan unit untuk setiap kepala negara.

Jumlah kepala negara mencapai 13 orang sehingga jumlah rombongan mencapai 130 unit kendaraan.

Pengawalan dilakukan sejak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma, serta tempat penginapan hingga lokasi pertemuan.

Tempat penginapan yang digunakan yakni Hotel Hyatt, Hotel Indonesia-Kempinski, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Four Season, Hotel Mulia, Hotel Shangri-la, Hotel Ritz Carlton, dan Hotel JW Marriot

"Semua kawasan mulai dari kedatangan, penginapan hingga rute perjalanan para kepala negara dan kepala pemerintah sudah terkoneksi dan terpantau di layar pada pos pengamanan KTT ASEAN," kata Sujarno.

Karoops mengatakan bahwa sebenarnya teknologi yang digunakan di mobil tersebut adalah Closed Circuit Television (CCTV).

"Sementara itu, di lokasi tempat pelaksanaan acara di dekat gedung Balai Sidang Jakarta akan dipasang CCTV sekitar 14 titik," katanya.

Sebanyak 7.000 personel dari kepolisian dan TNI disiagakan untuk pengamanan pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta.
(S035)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011