Thailand Puji Indonesia `Sangat Menjanjikan`

Thailand Puji Indonesia `Sangat Menjanjikan`

KTT ASEAN (ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Thailand memandang penting keketuaan Indonesia karena perannya dinilai `sangat menjanjikan` bagi ASEAN yang lebih kuat, apalagi posisi Indonesia adalah negara terbesar di wilayah Asia Tenggara.

"ASEAN akan berubah pada tahun 2015. Kami berharap kepemimpinan Indonesia di ASEAN bergerak ke arah yang tepat dan arah yang juga kami tuju," kata Deputi Menteri Perdagangan Thailand Alongkorn Pollabutr kepada ANTARA News usai pertemuan Forum Ekonomi ASEAN-Uni Eropa di Jakarta, Kamis.

Alongkorn melihat Indonesia tidak saja terbesar di Asia Tenggara dalam konteks jumlah penduduk, namun juga terbesar dalam konteks kelembagaan.

Alongkorn memuji habis posisi Indonesia dengan secara khusus menyorot besarnya postur ekonomi dan stabilitas nasional Indonesia yang disebutnya akan membawa ASEAN ke garis akhir yang mempersatukan ASEAN secara langgeng.

"Kita butuh kapal yang besar yang lebih stabil untuk bergerak arah yang tepat dan menghubungkan tujuan yang kita harapkan," katanya dalam perbincangan singkat itu.

Ia membandingkan, selama keketuaan Thailand lalu, ASEAN telah dibawa kepada era baru menuju keterhubungan (connectivity).

Namun era baru itu tak hanya membutuhkan infrastruktur, namun juga lembaga tinggi dan lembaga wilayah dari kelembagaan itu demi menghubungkan ASEAN kepada kelompok di luar wilayah dan mempejuangkan organisasi kawasan ini untuk menjadi pemenang. Dan itu semua, katanya, dimiliki Indonesia.

"Indonesia bisa membuat ASEAN menjadi lembaga yang terbuka," pungkas Alongkorn yakin. (*)

Yud/





Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Indonesia persiapkan Labuan Bajo untuk pertemuan G20

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar