Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menyerahkan komando pengendalian pengamanan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-18 kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mulai Sabtu pagi esok.

"Penyerahan komando pengendalian ring satu, Sabtu pukul 04.00 WIB dari Polri kepada Paspampres," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar di Jakarta, Jumat.

Baharudin menuturkan, pasukan pengamanan dari Polri dan TNI akan digabung di ring dua dan tiga setelah komando pengendalian pengamanan diserahkan kepada Paspampres.

Sedangkan pengamanan pejabat setingkat menteri dan kepala negara yang berada di ring satu di lokasi pertemuan KTT ASEAN menjadi tanggung jawab Paspampres.

Baharudin menyebutkan, saat ini anggota Paspampres menjaga ketat tempat penginapan pejabat setingkat menteri dan kepala negara.

Baharudin menyatakan Kepala Polri Jenderal Polisi Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono telah meninjau kesiapan dan rencana pengamanan kegiatan puncak KTT ASEAN.(*)

T014/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011