Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken menyampaikan komitmen AS untuk meningkatkan keamanan di kawasan Indo-Pasifik bersama para sekutunya.

"Kami akan meningkatkan keamanan Indo-Pasifik. Ancaman terus berkembang, dan pendekatan keamanan harus berkembang bersamanya. Untuk melakukan itu, kami akan bersandar pada kekuatan terbesar kami ... aliansi dan kemitraan kami," kata Menlu Blinken dalam pidatonya yang disampaikan di Universitas Indonesia, Depok, Selasa.

Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menerapkan strategi "pencegahan terpadu" (integrated deterrence) yang lebih erat dengan menyatukan semua instrumen kekuatan nasional AS dengan instrumen kekuatan para sekutu dan mitra AS.

"Peningkatan kemitraan trilateral AS dengan Australia dan Inggris (AUKUS) adalah contoh utama; itu akan memajukan kepentingan strategis kita, menegakkan tatanan berbasis aturan internasional, dan memajukan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik," ujarnya.

Baca juga: Blinken paparkan tiga MoU yang perkuat kerja sama AS-Indonesia

AUKUS merupakan kemitraan trilateral di bidang keamanan antara Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Pada kesempatan itu, Blinken juga menyebutkan bahwa Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa kedua pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan persaingan di antara dua negara kekuatan besar itu tidak mengarah ke konflik.

"Diplomasi akan terus menjadi alat pilihan pertama kami dalam memenuhi tanggung jawab itu – memastikan potensi konflik di kawasan diminimalkan, dikelola, dan pada akhirnya dicegah," ucapnya.

"Amerika Serikat mengakui bahwa sebagian besar masa depan planet kita akan berada di Indo-Pasifik. Komitmen abadi kami untuk kawasan ini dan kolaborasi kami dengan para sekutu dan mitra kami akan membantu mencapai kawasan yang bebas dan terbuka, saling terhubung, sejahtera, tangguh, dan aman untuk semua," kata Blinken.

Baca juga: RI-AS berkomitmen perkuat kerja sama yang saling menguntungkan

Baca juga: Presiden Jokowi menyampaikan agenda prioritas G20 ke Menlu AS


 

Presiden terima kunjungan Menlu AS dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021