Jakarta (ANTARA) - Digital Growth Program yang diinisiasi oleh Google News Initiative (GNI) telah memasuki sesi terakhirnya di tahun 2021 dengan mengusung tema "Tapping into tradition to reach new audiences".

Digital Growth Program merupakan hasil kerja sama antara GNI dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di mana terdapat 448 jurnalis yang mengikuti pelatihan bisnis media digital melalui program tersebut.

Wenseslaus Manggut, Ketua Umum AMSI menyampaikan bahwa program ini selaras dengan visi-misi AMSI yaitu memberi pelatihan tentang bagaimana mengelola media dari sisi bisnis namun tetap menyediakan konten berkualitas.

"Semua materi dalam pelatihan ini dibutuhkan oleh para pemilik berita yang terlibat langsung di dalam pelatihan dan masih sangat relevan untuk disajikan tahun depan," ujar Wanseslaus dalam webinar pada Selasa.

Baca juga: Kelas Juara dan Google Indonesia gelar roadshow Google for Education

Tujuan diselenggarakannya Digital Growth Program adalah untuk mengembangkan bisnis digital siber online skala kecil dan menengah.

Secara khusus, Digital Growth Program membantu memecahkan masalah-masalah yang muncul ketika pemilik perusahaan media digital menjalankan bisnisnya.

Bentuk kegiatan Digital Growth Program adalah 11 pelatihan online berseri yang terdiri dari lima tema yaitu pengembangan Audience, Advertising, Product, Data dan Reader Revenue. Workshop-nya sendiri digelar sejak awal April hingga awal Agustus 2021.

Selain workshop, Digital Growth Program juga melaksanakan kegiatan pendampingan khusus (mentoring) yang melibatkan trainer-trainer Google dalam Lab 1:1.

Pendampingan intensif diberikan kepada 10 publisher terpilih dari Asia Pasific untuk pendalaman lima materi dan sekaligus praktik selama sekitar 15 minggu.

Khusus peserta Indonesia, AMSI dan Google melakukan seleksi bersama. Sekitar 2-3 publisher lokal yang aktif mengikuti workshop mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Labs 1:1.

Sheena Bhalla, Industry Relations and Programs Manager, APAC News Partnerships, Google mengatakan bahwa dari survei yang dilakukan terhadap 641 penerbit berita, ⅔ mengatakan bahwa mempelajari keterampilan bisnis yang dibutuhkan untuk berhasil menjalankan bisnis berita daring tidaklah mudah.

"Jadi, kami mengumpulkan semua pembelajaran dan praktik terbaik dari seluruh GNI untuk membantu penerbit berita mencapai keberhasilan di sektor daring," ujar Sheena.

GNI melakukannya dengan tiga cara utama yaitu membuat playbook yang tersedia di situs Digital Growth Program, meluncurkan lokakarya virtual, dan meluncurkan Labs untuk bimbingan yang komprehensif.

Melalui kemitraan bersama AMSI, Digital Growth Program di Indonesia berhasil menyajikan pelatihan dan pembelajaran utama ke lebih dari 1.000 pendaftar dan melatih sekitar 400 penerbit yang telah menonton lebih dari 1.200 jam tayangan dari sesi-sesi yang digelar. Angka ini mencapai hampir 25-30 persen dari keseluruhan jangkauan untuk Asia Pasifik.

Baca juga: Google Play Store Games akan hadir di Windows 10 dan 11 tahun depan

Baca juga: Google Year in Search 2021: Masyarakat cari jalan pulih dari pandemi

Baca juga: Tren pencarian Google 2021: BTS Meal, Piala Euro hingga PeduliLindungi



 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021