New York (ANTARA News) - Amerika Serikat mengerahkan satu miliar dolar sebagai bagian dari intervensi G7 di pasar valuta asing untuk menjinakkan yen yang melonjak setelah gempa bumi Jepang, demikian Federal Reservem Jumat.

"Otoritas moneter AS melakukan intervensi di pasar valuta asing pada satu kesempatan selama kuartal pertama, pada 18 Maret, membeli satu miliar dolar terhadap yen Jepang," kara Federal Reserve Bank New York dalam laporan kuartalannya kepada Kongres AS.

Sehari sebelumnya, Jepang dan sekutu ekonominya mengumumkan akan mengintervensi pasar uang dunia untuk pertama kalinya dalam satu dekade guna menenangkan kekacauan yang dipicu gempa bumi besar dan tsunami 11 Maret, lalu diikuti krisis nuklir.

Janji itu muncul setelah pembicaraan telepon darurat oleh negara Kelompok Tujuh dalam menanggapi lonjakan yen, yang mengancam  prospek pemulihan perekonomian Jepang.

Jumlah intervensi AS dibagi secara merata antara Federal Reserve dan Departemen Keuangan Amerika Serikat, demikian Fed New York.(*)

ANT/A026

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011