Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, orang tua berperan memastikan anak-anaknya untuk mendapatkan vaksin COVID-19 demi kesehatan mereka.

Riza menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12).

"Prinsipnya petugas sudah siap, vaksin sudah siap, sekarang tugas kita sebagai orang tua harus membantu memastikan anak-anak kita, harus segera kita ajak untuk mendapatkan vaksin demi kesehatan dan kebaikan anak-anak kita," kata Riza di Balaikota Jakarta, Rabu.

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di DKI Jakarta telah dimulai secara serentak dengan ditandai Peluncuran Vaksinasi Anak di SDN Cempaka Putih Timur 03 Jakarta Pusat pada Selasa (14/12).

Baca juga: Jakarta Timur targetkan vaksinasi 3.000 anak usia 6-11 tahun per hari
Baca juga: Satgas larang masyarakat belum divaksin bepergian jarak jauh


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan 1,1 juta anak usia 6-11 tahun di Jakarta mendapat layanan vaksinasi COVID-19, baik di sekolah maupun di sentra vaksin lainnya.

Layanan vaksin anak tidak hanya disediakan di sekolah-sekolah, tetapi juga rumah sakit dan sentra vaksinasi yang diselenggarakan komunitas maupun lembaga.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa target sasaran vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun mencapai 26,5 juta jiwa di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, peserta vaksinasi diwajibkan untuk membawa kartu keluarga atau dokumen yang mencantumkan NIK anak.

Vaksinasi kelompok usia 6-11 tahun adalah upaya pemerintah dalam memperluas pembentukan antibodi di populasi, mengingat terdapat kenaikan jumlah kasus COVID-19 pada anak-anak di beberapa negara yang mengalami transmisi komunitas varian Omicron.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021