Anyer, Banten (ANTARA) -
Yayasan KEHATI dan PT Asahimas Chemical melakukan rehabilitasi tanaman bakau atau mangrove di Pantai Panimbang, Pandeglang, seluas dua hektare di lahan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.
 
"Penanaman mangrove itu merupakan 'Program Blue Carbon' yang dilakukan oleh kedua belah pihak selama lima tahun kedepan, " kata Direktur Program Yayasan KEHATI Rony Megawanto di Anyer, Banten, Selasa.
 
Gerakan rehabilitasi penanaman mangrove dilaksanakan mulai Rabu (22/12) di Desa Panimbang, Pandeglang, Banten.
 
Tujuan kegiatan penanaman mangrove untuk mendukung program pembangunan rendah karbon (PRK) yang diusung oleh pemerintah pusat dan Provinsi Banten. Program tersebut dapat memitigasi bencana tsunami berupa benteng hijau di daerah pesisir.

Baca juga: IJTI Maluku gelar penanaman mangrove hijaukan pesisir Teluk Ambon
 
Selain itu juga kedepan memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dengan membuka kawasan ekowisata.
 
Di ekowisata itu masyarakat setempat bisa membuka usaha aneka makanan dan juga kerajinan yang berbasis mangrove, seperti kaos menggunakan yang pewarna alaminya memanfaatkan mangrove.
 
"Kami optimistis penanaman mangrove dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir, " katanya.
 
Menurut dia, kendala rehabilitasi mangrove di sekitar Pantai Panimbang dan Sumur adalah lahan. Berdasarkan pengalaman, ada lahan di pantai yang telantar lalu ditanami mangrove.
 
Namun, setelah ditanami mangrove ternyata ada pemiliknya. "Inilah kendala untuk rehabilitasi penanaman mangrove di pesisir Pantai Banten, " katanya.

Baca juga: BRGM: Realisasi rehabilitasi mangrove 2021 seluas 34,5 ribu Ha
 
Gerakan rehabilitasi penghijauan tanaman mangrove nanti melibatkan pendamping kelompok sadar wisata (pokdarwis) Desa Panimbang, Kabupaten Pandeglang.
 
Penghijauan mangrove itu hasil pembenihan dari pokdarwis tersebut.​​​​​​ tanaman mangrove itu pada umur tiga tahun bisa tumbuh besar sehingga pesisir pantai terlihat hijau.
 
Gerakan penghijauan mangrove juga akan dilaksanakan kembali di Desa Sumur Pandeglang setelah ada hasil studi Untirta dan Undip Semarang.
 
"Kami berharap gerakan rehabilitasi penghijauan mangrove dapat menjaga kelestarian lingkungan dan dapat memitigasi kebencanaan tsunami dan dapat memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir, " katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021