Jakarta (ANTARA News) - Sekolah Manajemen Lausanne (IMD), Swiss, mengumumkan daya saing Taiwan menunjukkan kinerja yang memuaskan setelah naik ke peringkat enam dunia tahun ini dari posisi ke delapan tahun sebelumnya, demikian siaran pers Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia.

Taiwan memasuki babak baru karena daya saing Australia merosot ke peringkat sembilan dunia. Daya saing Taiwan di kawasan Asia pertama kali masuk ke peringkat tiga setelah Hongkong dan Singapura, menurut siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Taiwan yang berpenduduk lebih dari 20 juta jiwa sudah melampaui Australia dan Kanada.

Di dalam empat target utama, yaitu, kinerja ekonomi Taiwan dari peringkat 16 tahun lalu naik ke peringkat delapan, efisiensi pemerintah turun dari peringkat enam ke peringkat 10, efisiensi perusahaan tetap di peringkat tiga, daya saing infrastruktur dari peringkat 17 ke peringkat satu.

Kinerja ekonomi yang kuat adalah salah satu alasan utama daya saing Taiwan, kemudian daya saing perdagangan luar negeri juga naik dari peringkat ke-10 menjadi kelima.(*)
(T.B005/M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011