Monte Carlo, Monaco (ANTARA News/AFP) - Fernando Alonso memperingatkan timnya, Ferrari, harus menunjukkan kemajuan dalam lomba Grand Prix Monaco akhir minggu ini, bila mereka ingin berkompetisi dalam kejuaraan dunia musim ini.

Kendati berada di urutan pertama dari tempat keempat pada Spanyol GP minggu lalu, tetapi ia tidak bertahan lama karena Ferrari yang dinaikinya tidak mampu menjaga jarak dan pebalap berusia 29 tahun dari Spanyol itu disalib tiga saingannya sehingga ia berada di urutan kelima.

Pebalap juara ganda itu hanya mampu sekali naik podium musim ini dan kendati ia meraih gelar dalam situasi sama musim lalu, Alonso mengingatkan pentingnya tampil kuat pada sesi pembuka lomba.

"Kami butuh melakukan organisasi kembali di dalam tim dan saya yakin kami dapat melakukannya dengan cepat karena kami tidak ingin kalah lagi," katanya.

"Kami butuh secepatnya kendaraan yang lebih cepat untuk memburu poin dalam kejuaraan ini. Kita lihat saja apa yang dapat kami lakukan," katanya.

"Musim depan kami perlu tampil lebih baik pada awal lomba, karena pada 2010 dan musim ini 2011 kelihatannya kami amat banyak kehilangan poin pada awal perlombaan," katanya.

Namun Alonso masih mengincar gelar musim ini dan masih terlalu jauh untuk menyatakan menyerah.

"Satu hal yang paling penting, kami sekarang berada pada perlombaan kelima," katanya, "Tidak seorang pun yang akan mengatakan selamt tinggal pada lomba kelima."

"Kami harus lebih percaya diri dan kami akan dapat tampil lebih baik. Kami harus bisa mendapatkan hasil bagus," katanya.

"Saya ingatkan bahwa kami dapat membalikkan keadaan tetapi tentu saja kami harus mendapatkan kendaraan yang kompetitif secepatnya," kata pebalap itu.

Alonso juga mendukung keputusan bos Ferrari, Stefano Domenicali, untuk melakukan perombakan dalam timnya, setelah sebelumnya Aldo Costa dinyatakan akan mundur sebagai direktur teknik.

"Kami yakin bahwa semua anggota tim percaya dengan keputusan yang diambil Stefano bila itu merupakan hal terbaik bagi Ferrari," katanya.

"Hal terpenting yang ingin saya katakan adalah saya merasakan iklim amat positif saat ini, baik di antara orang yang berada di trek maupun pada anggota tim," katanya. (*)

(Uu.A008/A016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011