Brasilia (ANTARA News) - Menteri Keuangan Prancis Lagarde Christine berencana untuk melakukan perjalanan ke Brazil pada Senin untuk mencari dukungan bagi pencalonan dirinya untuk memimpin Dana Moneter Internasional, Kedutaan Prancis mengatakan Jumat.

Itu akan menjadi pemberhentian pertama pada tur ke negara-negara berkembang utama yang juga diharapkan termasuk kunjungan ke China dan India.

Lagarde akan makan siang dengan rekannya dari Brazil, Guido Mantega dan juga akan bertemu dengan presiden bank sentral Brazil Alexandre Tombini, kedutaan mengatakan.

Menteri keuangan Prancis adalah favorit untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn, yang telah mengundurkan diri sebagai kepala organisasi keuangan internasional itu karena tuduhan melakukan kekerasan seksual di New York,

Negara-negara yang disebut BRICs, kelompok kekuatan ekonomi negara berkembang yang meliputi Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, telah mengkritik Eropa yang mencengkram IMF, namun belum menyepakati calon mereka sendiri. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011