Manado (ANTARA) - Kepala Polda Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Polisi Mulyatno, mengingatkan semua kepala Polresta dan Polres di jajarannya untuk memprioritaskan tiga hal, yaitu pengamanan tahun baru, penegakan disiplin protokol kesehatan, serta akselerasi vaksinasi.

“Saat ini ada tiga hal yang diprioritaskan, pertama yakni pengamanan pergantian tahun baru 2021 ke 2022, di mana banyak potensi terjadinya arak-arakan dan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan maupun potensi terjadinya gesekan antar kelompok. Hal ini harus diantisipasi sejak awal,” kata dia, usai memimpin serah terima jabatan kepala Biro SDM, direktur Reskrimsus Polda Sulawesi Utara, kepala Polresta Manado, kepala Polres Tomohon, dan kepala Polres Minahasa Selatan, di Manado, Selasa.

Baca juga: Anggota DPR minta pemda akselerasi program vaksinasi

Ia menyatakan, prioritas kedua adalah penegakan disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat harus terus dilakukan. “Dan ketiga, yakni akselerasi vaksinasi massal, sehingga kita bisa mampu mencapai target yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” kata dia.

Terkait tahun baru, dia mengimbau masyarakat agar merayakannya di rumah saja bersama keluarga dan dengan cara yang sederhana. “Masyarakat agar menjaga situasi keamanan yang kondusif. Saya mengucapkan juga selamat menyongsong Tahun Baru 2022, semoga di tahun yang baru Tuhan memberkati kita semua dan akan membawa suasana yang lebih baik dari sekarang ini,” katanya.

Baca juga: Kapolri menekankan akselerasi vaksinasi jelang WSBK di Mandalika

Sementara itu terkait sertijab, dia katakan, mutasi jabatan merupakan penyegaran bagi organisasi, di mana setiap polisi harus mengalami tour area dan tour of duty sebagai bagian dari pembinaan personel.

“Khusus kepada pejabat Kapolresta dan Kapolres jajaran yang baru, harus cepat menyesuaikan diri dengan karakteristik situasi kamtibmas di wilayah hukum masing-masing,” katanya.
Sertijab tersebut dilakukan berdasarkan dua Keputusan Kapolri, masing-masing nomor Kep/1906/XII/2021 dan Kep/1907/XII/2021 tanggal 17 Desember 2021.Baca juga: Tangerang akselerasi vaksinasi di RT/RW setelah keluar dari aglomerasi

Untuk jabatan kepala Biro SDM diserahterimakan dari Komisaris Besar Polisi Octo Budhi Prasetyo kepada Komisaris Besar Polisi Riyadi Nugroho, kemudian direktur Reskrimsus Polda Sulawesi Utara, dari Komisaris Besar Polisi Michael Irwan Thamsil kepada AKBP Nasriadi.

Sementara kepala Polresta Manado dari Komisaris Besar Polisi Elvianus Laoli kepada AKBP Julianto Sirait, dan kepala Polres Tomohon, dari AKBP Yuli Kurnianto kepada AKBP Arian Primadanu Colibrito, serta kepala Polres Minahasa Selatan dari AKBP S Norman Sitindaon kepada AKBP Bambang Harleyanto.

Baca juga: Pakar: Akselerasi vaksinasi percepat menuju endemi

Upacara itu dihadiri Wakil Kepala Polda Sulawesi Utara, Brigadir Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir, beserta para pejabat utama dan para kepala Polres di Polda Sulawesi Utara, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021