Sangat penting untuk memegang teguh dan kepatuhan aspek HSSE Golden Rule meliputi juga Patuh Intervensi Peduli (PIP), sehingga para perwira PIS diharapkan mampu mengetahui tentang risiko dan bahaya fraud
Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Pertamina International Shipping (PIS) Arief Kurnia Risdianto meninjau kapal Arimbi yang bertugas mengangkut elpiji guna memastikan kelancaran pasokan elpiji di Indonesia selama libur tahun baru.

Dalam kunjungan itu, Arief menjumpai 22 kru yang berada di atas kapal dan mengapresiasi mereka yang bertugas dengan menekankan untuk selalu mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan keselamatan (HSSE).

“Sangat penting untuk memegang teguh dan kepatuhan aspek HSSE Golden Rule meliputi juga Patuh Intervensi Peduli (PIP), sehingga para perwira PIS diharapkan mampu mengetahui tentang risiko dan bahaya fraud,” ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Arief juga menekankan agar para kru bisa terus meningkatkan keahlian mereka secara berkesinambungan, karena mereka merupakan garda terdepan dalam menjalankan bisnis Pertamina.

Saat ini, kapal Arimbi sedang dipersiapkan untuk melakukan trading out ke pasar internasional sesuai semangat Pertamina International Shipping, yaitu go global dan mendunia.

Kapten Marthin Febrilyan Samarta merupakan nahkoda kapal Arimbi yang telah mengabdi sejak 2013. Ia mengaku terkesan memiliki pengalaman sebagai nakhoda kapal pengangkut elpiji, karena kapal Arimbi sebagai salah satu armada kunci dalam rantai pasok energi di Indonesia.

Lebih lanjut ia berharap kinerjanya dan para armada untuk memenuhi kebutuhan energi bisa turut memajukan perusahaan dan menjadi pemain unggul dalam persaingan global.

Berdasarkan catatan sejarah, Kapal Arimbi dibuat pada 2011 dan kini telah menginjak usia 11 tahun. Kapal ini memiliki panjang 103 meter dan berbobot 3.472 dead weight tonnage (DWT) dengan kapasitas muatan kargo elpiji sebanyak 2.500 metrik ton (MT).

Selama satu dekade lebih, Arimbi sebagai kapal pengangkut elpiji pertama Pertamina telah berlayar mengarungi laut nusantara untuk mengantarkan elpiji ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Pertamina kerahkan 258 kapal tanker untuk kelancaran distribusi energi
Baca juga: Pertamina dukung proses transformasi Pertamina International Shipping
Baca juga: PIS garap penyewaan kapal tanker dengan mitra Swiss

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021