Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia mengawali hari pertama perdagangan tahun ini lebih tinggi pada Selasa pagi, didorong oleh sektor energi dan pertambangan karena investor mengambil isyarat dari sesi yang kuat di Wall Street semalam dan mengabaikan kekhawatiran seputar melonjaknya infeksi COVID-19 dan rawat inap di negara itu.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terdongkrak 0,9 persen, menjadi diperdagangkan di 7.510,00 poin pada pukul 23.38 GMT, membangun kenaikan hampir 2,0 persen selama beberapa minggu terakhir.

Indeks-indeks utama di Wall Street mencatat rekor penutupan tertinggi pada hari perdagangan pertama tahun ini, dibantu oleh keuntungan di saham Tesla Inc dan bank.

Itu membantu investor mengabaikan negara itu yang mencapai rekor lebih dari 37.000 kasus baru pada Senin (3/12), dengan sentimen dibantu oleh pemerintah Australia yang menaruh harapan pada dampak ringan varian Omicron untuk mendukung rencana pembukaan kembali ekonominya.

Saham energi termasuk di antara yang memperoleh keuntungan tertinggi di bursa Australia, naik sebanyak 2,7 persen di jalur untuk mencatat kenaikan satu hari terbesar mereka sejak 23 November. Saham-saham energi mengikuti harga minyak yang naik semalam di tengah harapan pemulihan permintaan pada 2022.

Perusahaan eksplorasi minyak dan gas utama Santos naik lebih dari 2,0 persen, sementara Whitehaven Coal melonjak sebanyak 9,2 persen — kenaikan intraday terbesar sejak 16 Juli 2021.

Para penambang terangkat 1,4 persen hingga mencapai level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan. Lynas Rare Earths dan Vulcan Energy Resources masing-masing melonjak 6,4 persen dan 5,8 persen.

Sektor keuangan juga menguat, didorong oleh kenaikan yang disebut bank "Empat Besar" — naik antara 0,8 persen hingga 1,1 persen.

Firefinch Ltd, yang bukan bagian dari ASX 200, melonjak 2,9 persen mencapai level tertinggi hampir 11 tahun setelah menyetujui keputusan investasi akhir untuk Proyek Lithium Goulamina di Mali.

Perusahaan eksplorasi emas termasuk di antara sedikit yang merugi, turun 0,6 persen karena harga emas lebih lemah dengan Westgold Resources jatuh 3,2 persen mencatat penurunan paling tajam pada sub-indeks.

Pasar saham Selandia Baru ditutup pada Selasa untuk hari libur umum.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022