Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Sabtu, menyerukan sektor swasta agar menciptakan lapangan kerja tetapi menegaskan peran pemerintah yang meningkatkan pendidikan keahlian.

"Sekarang, pemerintah tidak -- dan seharusnya tidak -- menjadi mesin utama dalam penciptaan lapangan kerja di negeri ini. Itu adalah peran sektor swasta," kata presiden dalam pidato radio dan Internet mingguannya.

"Tetapi satu hal yang dapat pemerintah lakukan menjadi mitra sektor swasta untuk memastikan bahwa setiap pekerja mempunyai keahlian yang diperlukan untuk pekerjaan yang mereka lakukan," tambah Obama.

Komentarnya dikemukakan setelah angka-angka Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hanya 54.000 lapangan kerja baru telah diciptakan pada Mei, hanya tiga bulan dari Februari-April; angka pengangguran mencapai 9,1 persen.

Gedung Putih dan para ekonom memperingatkan bahwa data-data yang kurang baik itu merupakan laporan bulanan, tetapi ini telah mengobarkan tuduhan bahwa kebijakan ekonomi Obama gagal, 18 bulan menjelang pemilihan presiden.

Presiden menyatakan, ekonomi Amerika tak seperti apa yang dikatakan sebagai waktu dalam semalam yang "kacau", dan tak akan memecahkan masalahnya dengan cepat.

"Ini akan membutuhkan waktu," katanya memperingatkan.

Obama menyatakan pentingnya berinvestasi di bidang tenaga angin, tenaga matahari, dan bahan bakar hayati untuk membuat Amerika kurang bergantung pada minyak asing dan agar membuat bersih lingkungan.

"Ada langkah-langkah yang kita ketahui akan membuat orang-orang berbeda dalam kehidupan mereka -- tak hanya 20 tahun dari sekarang, atau 10 tahun dari sekarang, tetapi sekarang, dan dalam beberapa bulan mendatang," kata Presiden Obama. (M012/M016/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011