Jakarta (ANTARA) - Samsung mengenalkan perangkat terbarunya yaitu Samsung Home Hub sebuah tablet pintar berukuran 8,4 inci yang telah ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur dan menciptakan smart home bagi para pengguna peralatan rumah tangga yang dikelola Samsung.

Produk itu dikenalkan dalam acara Consumer Electronic Show (CES) 2022 dan akan mulai tersedia Maret 2022 di Korea Selatan.

“Samsung Home Hub akan memberikan konektivitas yang mulus dan memudahkan pengguna memahami pengaturan barang elektronik pintar yang ada di rumahnya,” kata Head of Customer Experience at the Digital Appliances Business of Samsung Electronics Hyesoon Yang seperti dikutip dalam siaran persnya, Kamis.

Baca juga: Samsung kenalkan jajaran TV terbaru jelang CES 2022

Baca juga: Samsung hadirkan pembaruan keamanan untuk perangkat Galaxy di 2022


Konektivitas antar perangkat elektronik yang terhubung dengan Samsung Home Hub dijanjikan akan memudahkan pengguna untuk memenuhi “to-do list” mereka dengan cepat dan mudah.

Samsung Home Hub yang terhubung dengan perangkat pintar di rumah anda layaknya menjadi setir yang mampu mengendalikan seisi rumah sehingga anda lebih mudah melakukan pekerjaan rumah.

Perangkat elektronik rumah tangga SmartThings dari Samsung yang sudah bisa dikendalikan lewat Home Hub terdiri dari beberapa kategori seperti memasak, perawatan pakaian, perawatan hewan peliharaan, pengaturan udara, serta pengaturan energi.

SmartThings Cooking misalnya memudahkan pengguna untuk mencari bahan dan rencana memasak mingguan serta menyediakan estimasi biaya dengan fitur “Family Hub”.

Lalu SmartThings Laundry yang terhubung dengan mesin cuci pintar Samsung, akan menyediakan penanganan khusus tergantung dari bahan pakaian, motif, hingga kondisi musim.

Ada juga layanan SmartThings Pet yang memungkinkan ada mengecek kondisi hewan peliharaan anda dengan kamera pengawas yang juga terdapat pada AC pintar besutan Samsung sehingga anda dapat mengetahui kondisi terkini dari hewan peliharaan kesayangan anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengatur udara yang keluar dari AC agar sesuai dengan kebutuhan keluarga dan si anak bulu.

Dari fitur pengaturan energi, SmartThings Energi akan memudahkan anda untuk mengatur pengeluaran biaya listrik. Caranya, HomeHub akan memantau dan menganalisis pola pengunaan produk elektronik anda dan menggunakan kecerdasan buatannya mengaktifkan fitur “Power Saving Mode” yang tentunya membantu pengguna mengurangi biaya energi.

Jika ada masalah pada perangkat elektronik pintar anda, maka anda juga akan mendapatkan peringatan untuk melakukan pengecekan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Samsung Home Hub juga disertai dengan Bixby, sehingga ada bisa bertanya langsung pada Bixby untuk memberikan perintah dengan mengaktifkan “Bixby Voice Commands”. Nantinya produk ini akan tersedia secara global.

Baca juga: Samsung luncurkan proyektor portabel "Freestyle" kekinian

Baca juga: Samsung akan perkenalkan Galaxy S21 FE di CES 2022

Baca juga: Serba "ngebut" pakai Samsung Galaxy A52s 5G


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022