Bandung (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring meresmikan Small Medium Enterprise (SME) Creative Center di Kampus Institut Teknologi Bandung.

"SME Creative Center di kampus sangat strategis untuk meningkatkan jiwa kreatif, fasilitas ini hendaknya dimanfaatkan secara maksimal untuk membangkitkan ide dan inovasi," kata Menkominfo di sela-sela peluncuran SME Creative Center Telkom-ITB di Jalan Ganeca Kota Bandung, Selasa.

Ia berharap, kehadiran SME creative center itu menjembatani kalangan kampus untuk bisa mengembangkan potensinya dalam rangka pembinaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah di kalangan mahasiswa.

Menkominfo menyebutkan, dunia usaha saat ini mutlak harus didukung oleh dukungan teknologi informasi mulai dari proses perencanaan, produksi, pengolahan hingga pemasaran.

"IT mutlak diperlukan oleh dunia usaha ke depan, termasuk para pelaku UKM di kalangan mahasiswa. Jangan berharap pengembangan bisnis bisa maksimal tanpa sentuhan teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

Menkominfo menganggap, kehadiran SME creative center di kampus sebagai langkah strategis dan ia mendorong dikembangkan di kampus-kampus lainnya di Indonesia.

"Kalangan kampus perlu bersama-sama untuk menangkap peluang dan isu-isu teknologi yang strategis terutama dalam pengembangan teknologi informasi," katanya.

Sementara itu Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Arief Yahya menyebutkan SME tersebut dimaksudkan untuk melayani pelanggan bisnis dan UKM terhadap pemenuhan jasa dan layanan produk perusahaan telekomunikasi itu.

SME creative center itu, kata Arief diarahkan untuk meningkatkan daya saing, kompetensi dan pemberdayaan UKM melalui penyediaan ICT sebagai businnes enabled serta menyediakan fasilitas pembinaan UKM meliputi pelatihan, dukungan solusi dalam bidang bisnis, marketing, finansial dan desain.

"Khusus SME creative center di Kampus ITB ini difokuskan untuk pembinaan UKM di kalangan mahasiswa dengan kekhasan pengembangan inovasi desain kreatif berbasis teknologi informasi," kata Arief.

UKM yang menjadi target SME ITB itu adalah animasi, entertainer, game, cyber media, fotografi, musik serta yang lainnya. Fasilitas itu memiliki tiga fungsi utama yakni pusat informasi, pusat aktivitas komunitas dan pusat pemasaran produk.

"SME creative center ini menjadi sarana bertemu komunitas UKM untuk saling bertukar pikiran maupun pengetahuan. Diharapkan kehadiran SME ini mendorong tumbuhnya IKM berdaya saing bisnis di pasar global," katanya.

Saat ini SME creative center dibuka di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Tahun ini akan dibangun juga di sejumlah kota lainnya di Indonesia.(*)

(T.S033/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011