Jakarta (ANTARA News) - Dua ganda Indonesia yang tersisa pada turnamen Singapura Terbuka Super Series, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan, berhasil maju ke final setelah memenangi semifinal, Sabtu.

Unggulan keempat ganda campuran Tontowi/Liliyana yang tampil dalam pertandingan pembuka di Singapore Indoor Stadium, mengalahkan unggulan teratas Zhang Nan/Zhao Yunlei dari China 23-21, 21-16.

Sementara Alvent/Hendra yang tidak diunggulkan menang atas unggulan ketujuh dari China Chai Biao/Guo Zhendong 21-19, 24-26, 21-14.

Tontowi/Liliyana yang meraih dua gelar beruntun pada turnamen terakhir mereka di India Super Series dan Malaysia GP Gold, tampak kurang menguasai permainan pada awal game pertama namun setelah itu mereka bangkit.

Pasangan peringkat lima dunia itu tertinggal 14-20 namun tetap bermain dengan tenang untuk menyamakan kedudukan 20-20 untuk kemudian merebut game pembuka 23-21.

Pada game kedua mereka sepenuhnya menguasai permainan dan memastikan tempat di final setelah menang 21-16.

"Ya, pada game pertama kami masih ragu dan banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Liliyana.

Pada final mereka bertemu pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing yang mengalahkan ganda Inggris Nathan Robertson/Jenny Wallwork 21-12, 21-15.

Adapun Alvent mengaku bemain terlalu hati-hati saat memimpin game kedua 20-17. "Namun permainan mereka (lawan) malah kembali membaik," katanya saat kehilangan game kedua 24-26," katanya.

Alvent yang pekan lalu juga mencapai final di Thailand, akan melawan pasangan Fu Haifeng/Cai Yun dari China yang mengalahkan ganda Korea Jung Jae Sung/Lee Yong Dae 21-16, 23-21, untuk memperebutkan gelar juara.

Final tunggal putra mempertemukan pemain China Chen Jin dengan Lin Dan yang harus berjuang keras selama lebih dari satu jam untuk mengalahkan pemain Denmark Peter Gade 20-22, 21-17, 21-15.

Sedangkan final tunggal putri menampilkan pemain Denmark Tine Baun melawan Wang Xin dari China.

Adapun gelar ganda putri akan diperebutkan pasangan Korea Ha Jung Eun/Kim Min Jung dengan ganda China Tian Qing/Zhao Yunlei.
(F005/A035)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011