Manzanillo, Meksiko (ANTARA News/Reuters) - Topan Beatriz mendekati pantai Pasifik Meksiko, Selasa, menyebabkan daerah-daerah turis dan pelabuhan-pelabuhan berada dalam siaga bagi hujan lebat dan banjir bandang, kata Pusat Topan Nasional Amerika Serikat.

Topan kategori 1 dalam skala itensitas Saffir-Simpson, memicu dikeluarkan peringatan di pantai Meksiko dan daerah wisata pantai Zihuatanejo dan di seluruh pelabuhan sibuk Manzanillo dan Lazaro Cardenas, kata lembaga topan yang berpusat di Miami itu.

Hujan lebat melanda Manzanillo, dengan kekuatan angin menghantam gedung-gedung.

Meksiko tidak memiliki instalisi minyak penting d Pasifik tetapi pantainya banyak dikunjungi para turis Amerika Serikat.

Pemerintah Meksiko mengatakan negara-negara bagian pantai Guerrero dan Jalisco harus siap menghadapi gelombang setinggi 3 sampai 4 meter dan curah hujan mencapai 150 sampai 305 mm.

Gambar-gambar televisi menunjukkan mobil-mobil terbawa ke laut akibat gelombang tinggi d daerah turis Acapulco.

Beatriz, topan kedua dalam musim topan Pasifik dapat menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor sebelum bergerak kembali ke laut Selasa malam waktu setempat (Rabu WIB), kata pusat topan yang berpusat di AS itu.

Pusat topan "akan bergerak sangat dekat atau di pantai Meksiko di daerah peringatan topan," kata lembaga itu.

Topan itu berada sekitar 110km tenggara Manzanillo dengan kecepatan angin 130km per jam, kata laporan pusat topan itu pukul 23:00 waktu setempat (13:00 WIB Selasa). Topan itu akan lebih kuat jika pusatnya tetap di air dalam beberapa hari ke depan, kata pusat itu.

Topan Adrian, yang terjadi awal bulan ini dan tidak menimbulkan kehancuran harta benda, adalah topan pertama dalam musim topan Pasifik tahun 2011.

Para ahli cuaca juga memperkirakan ada sejumlah badai Atlantik tahun ini dengan beberapa diantaranya diperkirakan paling tidak lima topan "besar" yang berkategori tiga atau lebih kuat.(*)

(Uu.H-RN/H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011