Tolong jangan 'digoreng' seakan-akan kami tidak bekerja, kami bekerja siang dan malam mengelola LP apalagi mengelola orang yang berhadapan dengan hukum. Jadi tolong jangan dibesar-besarkan seolah-olah LP adalah pusat narkoba. Justru pusat narkoba itu
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar membantah Lembaga Pemasyarakatan (LP) Krobokan, Denpasar, Bali, sebagai sarang narkoba, meskipun tidak tertutup kemungkinan adanya petugas yang menjadi pemasok narkoba ke LP tersebut.

"Mungkin kita tidak bisa menutup diri satu, dua orang "main kucing-kucingan", ya bisa saja dengan berbagai cara. Kalau itu ada, saya sudah perintahkan Irjen Lapas, saya minta agar dipecat, nggak ada cerita. Sudah puluhan orang yang terlibat narkoba dipecat. Saya keras untuk narkoba," kata Patrialis di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Terkait kerusuhan di LP Krobokan, Denpasar, Bali, Patrialis belum bisa memastikan apakah kerusuhan itu akibat narkoba.

"Ini harus yakin betul ya, mengenai kerusuhan adalah sesuatu yang amat sangat kita sayangkan dan sesalkan. Dengan kerusuhan ini, pintu-pintu LP jebol. Lima wisma berantakan, kaca-kaca dan komputer pada pecah, kantor KLP berantakan, bayangkan 1.100 orang ngamuk," kata dia.

Ia juga meminta dengan amat agar publik jangan memvonis dulu apakah betul ada peredaran narkoba atau tidak di LP Krobokan tersebut.

"Saya sudah perintahkan Irjen dan Dirjen untuk turun bersama-sama melihat dan mempelajari apa yang terjadi. Saya juga sudah koordinasi dengan Pak Goris Mere (Kepala BNN) untuk dilakukan pertemuan antara Menkum HAM dengan BNN," kata politisi asal Partai Amanat Nasional itu.

Patrialis juga mengatkaan, pihak KemenkumHAM telah bekerja sungguh-sungguh untuk memperbaiki dan mengelola semua LP di Tanah Air.

"Tolong jangan 'digoreng' seakan-akan kami tidak bekerja, kami bekerja siang dan malam mengelola LP apalagi mengelola orang yang berhadapan dengan hukum. Jadi tolong jangan dibesar-besarkan seolah-olah LP adalah pusat narkoba. Justru pusat narkoba itu di luar," kata Patrialis Akbar.

Saat ini, kepala LP Krobokan sedang diperiksa oleh Kanwil Kemenkumham bersama BNN Bali. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011