program ini diharap mampu menjadi tolak ukur bagi desa lain
Polman, Sulawesi Barat (ANTARA News) - Dua desa di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mendapat dana khusus sebanyak Rp1 miliar per desa untuk dijadikan desa percontohan dalam program penataan lingkungan berbasis komunitas.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Polewali Mandar, Nadjib A Madjid, di Polewali Mandar, Selasa, mengatakan, kedua desa itu adalah Desa Tumpiling dan Tonrolima, Kecamatan Wonomulyo, dengan sumber dana yang berasal dari APBD.

"Namun, Pemkab Polman juga memberikan dana pendamping masing-masing lima persen dari total anggaran yang diterima bagi kedua desa yang menerima program tersebut melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan 2011," jelasnya.

Menurut dia, program ini akan dijalankan sesuai rencana dan ada penilaian tersendiri dari pemerintah pusat untuk melakukan perbandingan dengan beberapa desa selain Polman yang juga mendapatkan anggaran dan program serupa.

Selain itu, dengan berjalannya program ini diharap mampu menjadi tolak ukur bagi desa lain untuk ikut serta membangun pedesaan yang menitikberatkan kesinambungan pembangunan sosial, perekonomian, dan berbasis lingkungan.

"Pembangunan yang diharapkan tidak terlepas dari kondisi sosial dan perencanaan daerah sehingga tetap mengikuti alur yang telah dijalankan pemerintah," lanjutnya.

Nadjib mengaku ini merupakan komitmen dan keseriusan pemerintah untuk melakukan pergeseran budaya dan pola pembangunan desa yang selama ini masih dianggap belum memiliki kemajuan yang mendasar.

Sehingga dengan program tersebut akan memacu pembangunan berbasis komunitas bagi beberapa desa yang dianggap masih sangat jauh dari kemajuan akibat minimnya sarana dan prasana pendukung.

"Kami berharap program tersebut bukan hanya untuk kali ini saja, namun bisa berkelanjutan dan akan semakin banyak desa yang mendapatkan bantuan melalui program yang bisa membangun beberapa infrastrukrut dasar dalam masyarakat," harapnya.

Najib juga berharap agar desa yang mendapat program tersebut betul-betul dimaksimalkan sehingga pemerintah pusat tetap memberikan prioritas bagi Polman agar program ini berkelanjutan dan semakin banyak desa yang bisa mendapat bantuan.

"Oleh kerena itu, para pelaku PNPM-MP diharapkan bersinergi dengan pemkab untuk merencanakan dan memproyeksikan pembangunan desa berbasis komunitas ini," ujarnya.
(ANT.PSO-284)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011