Astana (ANTARA News/IRNA-0ANA) - Pertemuan ke-38 menteri luar negeri Organisasi Konferensi Islam (OKI) dimulai di Astana, ibu kota Kazakhstan Selasa pagi dengan partisipasi Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

Perwakilan dari sejumlah negara Arab, negara-negara Afrika dan Asia dalam pidato pembukaan menyerukan persatuan di antara negara-negara anggota OKI dalam memecahkan masalah yang mengganggu dunia Islam dan komunitas Muslim.

Salehi akan menyampaikan pidato pada pertemuan malam ini untuk memberikan penjelasan singkat kepada para peserta mengenai pandangan-pandangan Iran terhadap isu-isu penting dunia Islam, seperti kewaspadaan Islam di Timur Tengah dan Afrika Utara, Islamofobia di Barat, persoalan Palestina serta situasi di Irak dan Afghanistan.

Iran sudah menyajikan lima usulan untuk pertemuan Astana yang telah disetujui oleh komite ahli, dan akan diadopsi selama pertemuan.

Menteri luar negeri Malaysia, yang negaranya saat ini memimpin OKI, dalam sambutannya mendesak organisasi itu memainkan peran kunci dalam perkembangan internasional, dengan tujuan membuat suara umat Islam didengar di seluruh dunia.(*)

(Uu.H-AK/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011