Washington (ANTARA News) - Pesawat ulang-alik Atlantis siap untuk terbang dalam misi terakhirnya ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) pada 8 Juli, kata NASA Selasa setelah pertemuan untuk meninjau kembali rencana penerbangan terakhir ulang-alik antariksa AS itu.

Pesawat ulang-alik itu direncanakan akan meluncur dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 11.26 waktu setempat (15.26 GMT), NASA mengumumkan setelah kesimpulan sidang peninjauan kembali kesiapan penerbangan itu.

"Pada pertemuan itu, para manajer senior dan kontraktor menilai risiko yang berkaitan dengan misi tersebut dan memutuskan ulang-alik itu dan peralatan stasiun, sistem dukungan dan personel siap," kata badan ruang angkasa tersebut, lapor AFP.

Misi ulang-alik terakhir itu -- dikenal sebagai STS-135 -- dari 30 tahun program ulang-alik ruang angkasa Amerika, direncanakan berlangsung 12 hari. Awak yang terdiri atas empat astronout akan naik pesawat itu.

Setelah Atlantis kembali ke Bumi, program ulang-alik AS akan berakhir secara resmi, meninggalkan Rusia sebagai satu-stunya negara yang mampu mengangkut astronout dunia ke ruang angkasa.

Perusahan-perusahaan swasta akan berkompetisi untuk membuat pesawat ruang angkasa AS generasi masa depan, tapi kendaraan itu tidak mungkin akan selesai sebelum 2015. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011