Ottawa (ANTARA News) - Pangeran William dan istrinya Puteri Catherine tiba di ibukota Kanada, Ottawa, Kamis, untuk memulai lawatan resmi ke luar negeri pertama mereka.

Ribuan orang nekat menyaksikan pasangan itu berbaris di jalanan Ottawa sebelum acara pertama mereka yang telah dijadwalkan, upacara peletakan karangan bunga di tugu peringatan Perang Dunia I pada pukul 18.35 GMT (Jumat pukul 1.35 WIB), wartawan AFP melaporkan.

Dalam lawatan sembilan hari yang dipenuhi dengan kemegahan dan arak-arakan itu, mereka juga akan merayakan hari libur nasional Kanada dan melakukan acara yang lebih ringan seperti pelajaran memasak, olahraga aborigin dan rodeo atau pertunjukan ketrampilan sambil menunggung kuda.

Keberangkatan mereka sebelumnya telah dilaporkan dari London, Inggris, dimana dikatakan pasangan baru berusia 29 tahun itu bertolak dari bandara Heathrow pada pagi hari, dengan menumpang sebuah pesawat Angkatan Udara Kerajaan Kanada, dan dijadwalkan akan tiba di Ottawa pada malam harinya.

Pakaian Catherine untuk penerbangan itu mencerminkan label Kanada dan Prancis, tindakan yang dilakukan untuk menyenangkan hati tuanrumah, termasuk mereka yang tinggal di provinsi Quebec, yang didominasi oleh penutur bahasa Prancis. Pasangan itu merencanakan akan mengunjungi provinsi tersebut.

Ia memakai pakaian Manon sepanjang lutut warna biru angkatan laut buatan perancang Prancis Roland Mouret, dengan blazer angkatan laut oleh Smythe le Vestes yang bermarkas di Toronto, dan juga sepatu lapangan Manolo Blahnik Calogera angkatan laut.

William, di urutan kedua dalam garis pewaris takhta Inggris, setelah ayahnya, Pangeran Charles, mengenakan setelan angkatan laut dan dasi merah.

Kunjungan itu akan sederhana dan dipenuhi dengan acara yang mencakup seperti upacara militer, di samping rodeo atau kelas memasak.

Liputan TV atas perkawinan William dan Catherine di Westminster Abbey pada 29 April lalu menurut laporan telah disaksikan oleh sekitar dua miliar orang.

Setiap langkah mereka di Kanada akan diikuti oleh 1.300 wartawan. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011