Berita ekonomi yang keluar dari AS telah baik
Singapura (ANTARA News) - Analis perminyakan memperkirakan, kenaikan harga minyak mentah naik di perdagangan Asia pada Rabu, karena optimisme baru atas perekonomian Amerika Serikat, konsumen minyak terbesar di dunia.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Agustus, naik 75 sen menjadi 97,64 dolar AS per barel dan minyak mentah Brent North Sea untuk Agustus naik 37 sen menjadi 113,98 dolar AS pada sore hari.

"Berita ekonomi yang keluar dari AS telah baik. Pesanan pabrik naik pada Mei, dan pasar minyak mentah telah bereaksi terhadap ini," kata John Vautrain, seorang analis untuk konsultan energi internasional Purvin and Gertz di Singapura.

Departemen Perdagangan AS pada Selasa merilis angka yang menunjukkan pesanan baru untuk barang-barang manufaktur naik 0,8 persen pada Mei, setelah penurunan 0,9 persen pada April.

Pasar juga akan mengamati laporan yang keluar akhir pekan ini tentang pengangguran untuk tanda-tanda kekuatan dalam perekonomian AS.

Namun, kekhawatiran atas dampak dari krisis utang zona euro diperkirakan mencegah harga minyak mentah dari kenaikan tajam, kata analis.

"Masalah utang Eropa di Yunani dan sekarang Portugal adalah sebuah keasyikan dari pasar," kata Jason Feer, analis Argus Media, kepada AFP.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011