Dompu memang daerah yang ramah dan penuh persahabatan
Dompu (ANTARA News) - Tiga raja dari Kesultanan Sumbawa di Pulau Sumbawa, Kesultanan Bima dan Kesultanan Gowa di Sulawesi, akan menghadiri pembukaan Festival Lakey, di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat pekan depan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Sayuti Melik, di Dompu, Rabu mengatakan, selain akan dihadiri oleh tiga raja dari Pulau Sumbawa dan Gowa itu, Festival Lakey tahun ini, akan dihadiri pimpinan Taman Mini Indonesia Indah dan ketua Forum Raja-raja Nusantara.

"Undangan sudah kami kirim, dan tiga raja itu bersedia datang dalam acara pawai budaya dan pembukaan Festival Lakey," katanya.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Festival Lakey tahun ini, selain mempromosikan potensi industri pariwisata di daerah ini, seperti Pantai Lakey, Pulau Satonda dan Gunung Tambora, juga dijadikan ajang untuk mengangkat kembali kearifan budaya lokal.

"Ini bukan untuk membangkitkan kejayaan masa lalu, melainkan untuk mengingatkan kita akan kebudayaan lokal Dompu di mata luar. Tradisi ini menunjukkan bahwa Dompu memang daerah yang ramah dan penuh persahabatan," jelasnya.

Festival Lakey merupakan agenda tahunan untuk mempromosikan industri pariwisata dan kebudayaan di mata luar. Tahun ini, ajang bergengsi itu akan digelar mulai 14-17 Juli 2011. Beberapa perlombaan seperti Selancar Air, Pacuan Kuda Pantai, Bola Pantai dan sepak bola mini, digelar untuk menyemarakkan Festival Lakey.
(ANT.PSO-232)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011