Wolfsburg, Jerman (ANTARA News/AFP) - Swedia mengejutkan juara dua kali Amerika Serikat 2-1 pada pertandingan Grup C Piala Dunia Putri di Jerman, Rabu malam, dan kedua negara itu maju ke putaran perempat final.

Swedia memimpin lebih dulu melalui pemain tengah Lisa Dahlkvist yang menjebol gawang lawan pada menit ke-15 dan Swedia menambah gol mereka pada menit ke-35 ketika kapten Nilla Fischer melakukan tendangan bebas dan bola melenting ke badan seorang pemain AS dan masuk ke dalam gawang.

Amerika mempertipis kekalahan mereka ketika pemain depan veteran Abby Wambach menjalakan gol pada menit ke-67 ke dalam gawang juara 1991 dan 1999 itu, tetapi hingga akhir pertandingan mereka tidak dapat menambah gol mereka.

Kedua tim sama-sama maju ke putaran perempat final, berarti juara Grup C Swedia akan bertemu dengan Australia di Augsburg, Minggu, dan pada hari yang sama runner-up grup Amerika Serikat melawan Brazil di Dresden.

Swedia mendominasi permainan awal dan pemain terbaik Lotta Schelin melakukan gebrakan dan saling berhadapan dengan penjaga gawang, tetapi penjaga gawang AS Hope Solo berhasil menahannya.

Tidak lama kemudian wasit dari Jepang Etsuko Fukano menunjuk titik putih ketika menghukum pemain bertahan AS Amy Le Peilbet karena menjatuhkan striker Schelin di dalam kotak penalti pada menit ke-15.

Pemain Swedia Lisa Dahlkvist melakukan tendangan penalti dan berhasil mencetak angka untuk timnya.

Gol itu membuat AS meningkatkan irama permainnya dan Wambach menyerang dengan jitu tetapi penjaga gawang Swedia Hedvig Lindahl dengan sigap menjinakkan bila pada menit ke-20, di hadapan serikat 23.468 penonton.

Schelin melakukan tembakan pada menit ke-30 tetapi dihalau kapten tim AS Christine Rampone, kemudian striker Amy Rodriguez menendang dari jarak dekat, tetapi bola hanya menerpa tiang gawang.

Swedia membuat angka menjadi 2-0 ketika pemain tengah Nilla Fischer melakukan tendangan bebas dengan mendatar dan mengena badan Le Peilbet dan bola melenting ke dalam gawang AS pada menit ke-35.

Tugas Lindahl menjadi amat sibuk ketika pemain tengah AS Cari Lloyd melakukan gebrakan pada menit ke-42 tetapi kedudukan tetap 2-0 pada babak pertama itu dan Amerika sudah melakukan 11 kali tembakan ke arah mulut gawang lawan.

Pada babak kedua, Wambach membuka gol bagi Jerman pada menit ke-67, ketika pemain berusia 31 tahun itu melakukan tembakan tinggi ke pojok gawang lawan.

Gol itu merupakan yang ke-119 dalam 161 penampilannya untuk tim yang dijuluki "Stars and Stripes" itu.

Ketika laga tinggal lima menit lagi, pemain pengganti Kelley O`Hara menyia-nyiakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan, karena tendangannya dari jarak dekat tidak tepat ke mulut gawang Swedia.  (A008/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011