Monterrey, Mexico City (ANTARA News) - Setidaknya 20 orang tewas Jumat malam ketika pria-pria bersenjata menyerang satu bar lokal di Monterrey, Meksiko, kata pihak berwenang.

Para penyerang, yang datang dengan menggunakan dua truk dan satu mobil, menyerbu bar "El Sabino Gordo" dan menembak para penjaga, kata mereka.

"Sampai sekarang, kami menemukan 17 mayat di dalam bar dan tiga lagi di luar gedung itu," kata seorang pejabat dari kantor kejaksaan yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada AFP.

Para penyerang berjumlah setidaknya 15 orang, kata seorang penduduk lokal. Mereka juga memberondong satu stand hot dog dengan tiga orang berdiri didepannya.

Bar itu terletak di Jalan Villagrand, di pusat distrik kehidupan malam yang ramai.

Monterrey menjadi lokasi konfrontasi berdarah di kalangan kartel-kartel narkoba Meksiko yang bermusuhan menyangkut rute-rute pasokan narkotika menunju Amerika Serikat.

Jumat pagi, 11 mayat dengan luka-luka tembak ditemukan di Chalco, satu daerah pinggiran ibu kota Meksiko, kata polisi.

Meksiko dilanda gelombang kejahatan besar, dengan 37.000 orang tewas dalam perang antar kartel-kartel narkoba dan antara para pedagang narkoba dan pasukan keamanan sejak tahun 2006, saat pemerintah melancarkan satu operasi militer.

Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (CNDH) dalam satu laporan Rabu mengatakan pihaknya mencatat sekitar 523 pelanggaran hak asasi manusia sejak tahun 2005, termasuk pembunuhan, serangan-serangan, penculikan-penculikan dan penahanan sewenang-wenang, demikian dikutip dari AFP.

(SYS/H-RN/B002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011