Kalau untuk kepentingan mengamankan kebijakan pemerintah, PD berupaya begitu keras agar partai koalisi ikut mengamankan. Tapi kalau menyangkut kelangsungan hidup partai kecil, PD tak mikir dan seolah tak peduli.
Jakarta (ANTARA News) - Sekretariat Gabungan (Setgab) terancam bubar, demikian dikatakan oleh anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Abdul Malik Haramain di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

"Kalau Partai Demokrat (PD) tetap paksakan angka parliamentary threshold (PT) atau ambang batas sebesar 4 persen atau naik, itu sangat mungkin menimbulkan perpecahan di koalisi. Setgab bisa bubar," kata Abdul Malik Haramain.

Ia menilai, soal PT, PD tak memiliki beban bila angka tersebut dinaikan.

"Secara politik PD tidak ada beban dan PD tak akan memikirkan nasib partai koalisi. Kalau untuk kepentingan mengamankan kebijakan pemerintah, PD berupaya begitu keras agar partai koalisi ikut mengamankan. Tapi kalau menyangkut kelangsungan hidup partai kecil, PD tak  mikir dan seolah tak peduli," kata Malik.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PD Saan Mustopa mengatakan, angka PT tidak perlu dibahas di Setgab.

"Nanti akan dibahas di Setgab bila sudah divoting di rapat paripurna DPR RI," kata Saan.

Angka PT sudah diputuskan di Badan Legislasi dan menghasilkan dua opsi, yaitu 3 persen dan 2,5-5 persen untuk dipilih di rapat paripurna.

Rencananya, naskah RUU Pemilu yang memuat soal PT akan diputuskan dalam rapat paripurna DPR RI tanggal 18 Juli 2011, sebelum masa sidang IV DPR RI ditutup tanggal 22 Juli 2011. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011