Pendukung Penetapan Keistimewaan DIY Gelar Kongres Rakyat

Pendukung Penetapan Keistimewaan DIY Gelar Kongres Rakyat

Ilustras PENDUKUNG KEISTIMEWAAN YOGYAKARTA (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Yogyakarta (ANTARA News) - Beberapa elemen masyarakat pendukung keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar kongres rakyat di Alun-alun Utara Yogyakarta, 27 Juli 2011.

"Kongres rakyat itu memiliki materi pokok mengukuhkan dan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DIY oleh rakyat Yogyakarta," kata Ketua Paguyuban Dukuh se-DIY Semar Sembogo, salah satu elemen pendukung keistimewaan DIY, Sukiman di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia usai audiensi dengan pimpinan dan anggota DPRD DIY, massa yang akan bergabung dalam kongres rakyat itu terdiri atas seluruh elemen masyarakat DIY yang mendukung keistimewaan DIY.

"Pada pelaksanaan kongres tersebut kami berharap jika perlu semua jalur menuju Yogyakarta seperti Prambanan, Tempel, dan Temon ditutup selama berlangsungnya acara itu," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini tanda-tanda penyelesaian pembahasan Rancangan Undang-undang Keistimewaan (RUUK) DIY menjadi UUK DIY belum ada kepastian.

"Padahal, hasil sidang paripurna DPRD DIY, sebagai representasi aspirasi rakyat, telah memutuskan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Namun, keputusan yang sah menurut UU itu tetap tidak disetujui oleh pemerintah pusat," katanya.

Selain Semar Sembogo, beberapa elemen masyarakat pendukung keistimewaan DIY itu di antaranya Forum Intelektual Budayawan Yogyakarta (Forinba) se-Jabodetabek dan Prajurit Mataram Kei Sakti Nusantara (PMKSN).(*)

(L.B015*H010/H008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Putri Mahkota Denmark kunjungi Keraton Yogyakarta

Komentar