Dalam kurun Januari 2022 ini sudah ada dua kali terjadi kebakaran lahan di Aceh Jaya, yakni di Kecamatan Jaya dan Kecamatan Setia Bakti
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Provinsi Aceh mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat tidak membakar lahan menyusul kemarau yang melanda kawasan setempat.

“Kami minta masyarakat berhati-hati dalam menggunakan api, khususnya dalam membakar lahan bagi para petani di Aceh Jaya,” kata Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri saat dihubungi di Calang, Ibu Kota Kabupaten Aceh Jaya dari Banda Aceh, Ahad.

Ia menjelaskan kalau dalam kurun Januari 2022 ini sudah ada dua kali terjadi kebakaran lahan di Aceh Jaya, yakni di Kecamatan Jaya dan Kecamatan Setia Bakti.

“Awal Januari ini saja sudah dua kali terjadi kebakaran lahan oleh sebab itu kami sangat mengimbau masyarakat tidak membakar lahan sembarangan untuk saat ini,” katanya.

Menurut dia pada Februari ada masa udara dingin masuk dari Asia sehingga penguapan berkurang, langit tidak tertutup awan dan tingkat panas itu meningkat seiring tidak adanya pertumbuhan awan.

“Ini kemungkinan akan berlangsung beberapa minggu ke depan, namun nantinya juga akan dibarengi dengan pembentukan awan-awan dalam skala lokal,oleh sebab itu dalam jangka waktu tersebut masyarakat harus tetap waspada,” katanya.

Kepada semua diminta pihak untuk bersama-sama menjaga dengan tidak membakar lahan sembarangan, demikian Fajri.

Baca juga: Prajurit TNI maksimalkan pemadaman kebakaran gambut di Aceh Jaya

Baca juga: BPBA: Kebakaran lahan gambut di Aceh Jaya meluas capai 30 hektare

Baca juga: TNI AU identifikasi kebakaran hutan di Aceh

Baca juga: Belasan toko di Aceh Jaya terbakar


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022