Jakarta (ANTARA) - Kanada menang 2-0 atas Amerika Serikat, sedangkan Meksiko ditahan seri 0-0 oleh Kosta Rika, dan Panama menundukkan Jamaika 3-2 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Kanada mencetak gol lebih awal yang digandakan pada menit terakhir pertandingan untuk mengalahkan Amerika Serikat sehingga menjadi tim tak terkalahkan sejauh ini dan memperpanjang keunggulan mereka pada babak akhir kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF.

Kanada menyambut tendangan gawang kiper AS Matt Turner pada menit ketujuh di dekat lini tengah. Jonathan David lalu mengumpan Cyle Larin yang merangsek ke depan untuk melepaskan tendangan yang melewati Turner. Para penggemar di Tim Hortons Field pun seketika bersorak kegirangan.

Baca juga: Edison Flores jaga asa Peru lolos putaran final Piala Dunia Qatar

AS sepertinya bakal menyamakan kedudukan ketika tendangan sudut Christian Pulisic mengenai dahi Weston McKennie, tetapi Milan Borjan melompat untuk membuang bola sehingga gawang Kanada terselamatkan.

Menyusul penampilan ceroboh, AS lebih mengendalikan laga pada babak kedua, terutama setelah pelatih kepala Gregg Berhalter memasukkan Kellyn Acosta, Ricardo Pepi dan Jordan Morris pada menit ke-69.

AS menaikkan tempo tekanan dan sejumlah peluang bagus tercipta, tetapi tendangan salto Paul Arriola dari dalam kotak dengan sekitar tiga menit tersisa melenceng dari sasarannya.

Sam Adekugbe kemudian mencetak gol dari serangan balik pada menit terakhir untuk memastikan kemenangan Kanada di Ontario ini.

Menurut Reuters, kemenangan itu membawa Kanada menduduki urutan pertama dalam klasemen grup dengan 22 poin, sedangkan AS pada urutan kedua dengan 18 poin.

Baca juga: Argentina raih kemenangan 2-1 atas Chile

Dalam pertandingan lain, tuan rumah Meksiko ditahan seri 0-0 oleh Kosta Rika, sebaliknya tuan rumah Panama menang 3-2 atas Jamaika.

Michail Antonio membawa Jamaika unggul lebih dulu pada menit ke-5 babak pertama. Gol bunuh diri Javain Brown kemudian membuat Panama menyamakan kedudukan.

Eric Davis membuat Panama balik unggul 2-1 pada menit ke-51 yang 17 menit kemudian diubah lagi menjadi 3-1 oleh Azhamar Ariano.

Jamaika kemudian memperkecil kedudukan menjadi 2-3 setelah mendapatkan gol dari Andre Gray.

Panama kini menempati posisi empat dengan 14 poin, sedangkan Meksiko berada pada urutan ketiga dengan 17 poin.

Tiga tim teratas dalam grup ini otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia yang dimulai di Qatar akhir November mendatang.

Baca juga: Brazil vs Ekuador berakhir imbang dengan skor 1-1
Baca juga: Belum lengkapi vaksinasi, Renan Lodi tak dipanggil timnas Brazil

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022