Semarang (ANTARA News) - Kepala Pelatih renang pelatnas SEA Games, Hartadi Nurjojo, tidak memasang target pada atletnya pada Kejuaraan Dunia Renang di Shanghai, China, 24 hingga 29 Juli 2011.

"Kami tidak membebani mereka dengan target karena konsentrasi kita sekarang ini sudah pada SEA Games XXVI di Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, November mendatang," kata Hartadi Nurjojo di Semarang, Sabtu.

Di samping itu, kata dia, persaingan pada kejuaraan dunia di Sganghai mendatang juga sangat berat mengingat perenang dunia turun semua dan perenang Indonesia juga masih sulit bersaing dengan mereka.

"Yang penting bagi para perenang yang turun pada kejuaraan dunia tersebut adalah tampil maksimal dan memperbaiki catatan waktunya," kata Hartadi yang juga Ketua Harian Pengprov PRSI Jawa Tengah tersebut.

Pada kejuaraan dunia di Shanghai tersebut, Indonesia menerjunkan tiga perenangnya yaitu Doni B Utomo. Tifani Sudarma, dan Indra Gunawan.

Selain menerjunkan tiga perenang ke kejuaraan dunia, Indonesia juga menerjunkan delapan perenangnya pada Universiade di Shenzen. China, awal Agustus mendatang.

Kedelapan perenang tersebut adalah Glenn Victor, Idham Dasuki, Triadi Fauzi, Nicko Biondi, M Akbar Nasution, Guntur Pratama Putra ditambah dua perenang putri yaitu Eny Sulistyowati dan Katrina M.

"Kami berharap mereka bisa menjaga semangat dan mental bertanding karena saat ini perenang penghuni pelatnas kemungkinan besar bakal masuk tim inti yang diterjunkan pada SEA Games mendatang," katanya.

Ia menambahkan, sekarang ini perenang pelatnas sebanyak 28 orang tetapi ada empat perenang yang tergusur.

Keempat perenang tersebut, menurut dia, dua perenang karena pindah ke "open water" (cabang renang di laut) dan dua perenang karena terkena degradasi akibat indisipliner.

"Kita belum tahu jumlah kuota atlet untuk cabang renang yang diterjunkan pada SEA Games mendatang tetapi saya kira tidak terlalu berubah dari jumlah yang kita miliki sekarang ini, yaitu 24 atlet," katanya.

Ia memperkirakan paling jumlah perenang Indonesia antara 24-26 atlet. "Kalaupun ada perubahan perenang yang menghuni pelatnas tidak akan drastis tetapi sekitar 20 persen saja," katanya.

Menurut dia, pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara mendatang, tim renang Indonesia menargetkan meraih enam medali emas. "Syukur-syukur bisa lebih karena kami sebagai tuan rumah SEA Games," katanya.

Enam medali emas tersebut, katanya, berdasarkan prestasi yang dicatat perenang Indonesia pada Asian Games di China beberapa waktu lalu.

"Pada enam nomor itu kami bisa mengungguli perenang dari negara-negara Asia Tenggara saat di China. Glenn Victor, Indra Gunawan, Triadi, dan Guntur Pratama Putra diharapkan bisa meraihnya," katanya.

(H015/T009)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011