Cordoba, Argentina (ANTARA News) - Peru mengguncang tim favorit Kolombia Sabtu untuk mencapai babak semifinal turnamen sepak bola Copa America dengan meraih kemenangan 2-0 setelah melalui babak pertambahan waktu dan akan menghadapi Argentina atau Uruguay untuk memperebutkan satu tempat di final.

Kolombia menjadi juara grup dengan mengungguli tuan rumah, Argentina dan, dengan penyerang sekelas Radamel Falcao di barisan pemain utama mereka, diperkirakan bakal mencapai babak semifinal melawan satu tim yang hanya menyelinap masuk ke babak perempat final sebagai tim yang mendapat jatah untuk menempati posisi ketiga.

Namun Falcao melakukan kesalahan fatal sendiri setelah pemain depan Porto itu gagal mengeksekusi bola penalti pada waktu reguler 90 menit bagi tim juara 2001 itu.

Peru belum memenangkan gelar juara pada ajang itu lagi sejak 1975, sementara mereka terakhir kali tampil di babak semifinal pada 1997, tetapi pada pertandingan Sabtu itu mereka berjuang keras untuk membawa pertandingan memasuki babak pertambahan waktu setengah jam.

Carlos Lobaton menembakkan bola masuk ke gawang pada saat babak pertambahan baru berlangsung 11 menit dan enam menit pada babak pertambahan waktu kedua, Juan Vargas melepaskan tembakan kencang dengan kaki kirinya untuk melesakkan bola ke gawang dan gol tersebut menjadi penentu kemenangan Peru.

Pelatih Peru Sergio Markarian melontarkan pujian kepada para pemainnya atas kemenangan mereka itu.

"Saya salut kepada mereka karena mereka bisa menempatkan diri mereka dengan sangat baik. Mereka juga menunjukkan disiplin taktik yang luar biasa, bekerja sama denga baik dan berusaha keras sebaik-baiknya," ujar Markarian, yang mengangkat tim itu yang sudah terpuruk di grupnya pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan.

Pertandingan Argentina melawan Uruguay digelar Sabtu malam atau Minggu pagi WIB di Santa Fe. (A016/C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011