Belum dapat sama sekali
Jakarta (ANTARA) - Ratusan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) memadati bagian depan Wihara Dharma Bhakti, Taman Sari Jakarta Barat, untuk mengharapkan pemberian kepada setiap warga yang datang beribadah di Wihara Dharma Bhakti.

Pantauan Antara di lokasi, Selasa, menyebutkan, mereka langsung mengerubungi setiap warga yang baru turun dari mobil ataupun motor dan mengikutinya seraya meminta-minta.

Mereka terdiri dari orang tua hingga anak muda.

Sebagian pengunjung wihara memang sebagian ada yang berkenan memberi sedekah, tetapi sebagian yang lain tampak acuh sambil berjalan langsung menuju pintu wihara.

Setelah meminta-minta kepada setiap pengunjung, mereka kembali ke tempat semula sembari menunggu warga lain yang akan datang.

Baca juga: Bundaran HI dihiasi dengan ornamen khas Imlek

Keramaian PMKS itu tak pelak membuat kerumunan, sekaligus sempat membuat kemacetan di depan wihara sehingga banyak kendaraan yang tersendat saat berjalan di depan.

Salah satu PMKS bernama Sri mengaku sudah menunggu di depan wihara sejak pukul 08.00 WIB . Namun hingga siang ini, dia mengaku belum mendapat sepeserpun uang.

"Belom dapat apa apa nih. Biasanya kalau tahun sebelumnya, saya bisa Rp150.000 sampai Rp200.000," kata Sri.

Warga Angke ini mengaku sudah melakukan aktivitas meminta minta di Hari Raya Imlek sejak beberapa tahun silam. Namun, pada tahun ini dia merasa pendapatannya semakin sedikit.

"Enggak tahu kenapa, jadi semakin sepi. Dulu sebelum pandemi, alhamdulillah dapat cukup," kata Sri.

Baca juga: Anies maknai Imlek 2573 sebagai tahun penyemangat

Hal senada juga dikatakan Amih. Wanita paruh baya itu mengaku baru datang siang ini dan belum mendapatkan uang sepeserpun.

"Belum dapat sama sekali," katanya singkat.

Amih yang menunggu di depan wihara bersama anaknya itu mengaku akan menunggu sampai siang hari hingga mendapatkan uang untuk kebutuhan hari ini.

Hingga berita ini ditulis pukul 10.30 WIB, tampak tidak ada tindakan dari para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat yang sedang bersiaga di daerah itu untuk membubarkan para PMKS itu. 

Hal ini bertentangan dengan janji Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat Edison Butarbutar sebelumnya.

Baca juga: Erick Thohir kunjungi Wihara Dharma Bhakti

Bubarkan PMKS
Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat Edison Butarbutar mengatakan akan menurunkan puluhan personel ke setiap wihara pada perayaan Imlek.

Salah satu wihara yang menjadi titik penjagaan yakni Wihara Dharma Bhakti, Grogol.

Di wihara Dharma Bhakti saja pihaknya akan menurunkan 40 personel demi memastikan protokol kesehatan diterapkan.

Edison juga memastikan akan membubarkan para PMKS musiman yang kerap muncul di wihara saat perayaan Imlek.

"Tentu pengemis akan kita bubarkan demi menghindari potensi kerumunan," kata dia.

Baca juga: Satpol PP jaga 11 wihara di Taman Sari saat Imlek

Edison berharap kegiatan Imlek berjalan dengan prokes sehingga warga bisa beribadah dengan aman dan nyaman.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022